PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS TERHADAP PEMBERIAN COVERNOTE DALAM PERJANJIAN KREDIT STUDI DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG PEKALONGAN

MUSIDAH, MUSIDAH (2022) PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS TERHADAP PEMBERIAN COVERNOTE DALAM PERJANJIAN KREDIT STUDI DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21302000140_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Covernote sebenarnya bukanlah produk hukum notaris sebagaimana ditentukan dalam UUJN. Covernote hanyalah merupakan surat keterangan dari notaris untuk kreditur yang menerangkan bahwa proses-proses yang berkaitan dengan perjanjian kredit antara kreditur dan debitur sementara dalam pengerjaan dari pihak notaris, seperti misalnya pembebanan agunan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis kedudukan hukum covernote yang dibuatkan Notaris dalam perjanjian kredit dan pertanggungjawaban Notaris terhadap pemberian covernote dalam perjanjian kredit yang mengakibatkan kerugian bagi perbankan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis, yaitu metode yang dilakukan dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan yang mengenai hal yang bersifat yuridis atau kenyataan yang ada. Pisau analisis yang digunakan adalah teori kepastian hukum dan teori tanggung jawab hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Covernote tidak diatur dalam peraturan perundangan atau hukum positif di Indonesia. Penerbitan dan pembuatan covernote oleh notaris tidak memiliki dasar hukum. Covernote dibuat berdasarkan suatu kebiasaan yang dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dipercaya dan dianggap sebagai suatu produk hukum yang mengikat. Notaris melaksanakan tanggung jawabnya dalam pembuatan covernote dengan melakukan pengecekan dan verifikasi lebih dulu serta memastikan kelengkapan dokumen yang diperlukan sehingga meminimalisir potensi kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi perbankan. Kelalaian notaris dalam menerbitkan covernote yang isinya mengandung pernyataan atau informasi yang tidak benar menyebabkan ia harus memikul tanggung jawab hukum atas perbuatannya, yakni tanggung jawab pidana maupun tanggung jawab perdata. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Covernote, Bank.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:31
Last Modified: 11 Jan 2023 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item