ANALISIS YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI (Studi Kasus Putusan Nomor: 214/Pid.Sus/2021/PN.Pkl)

SAFIRA, MAULIDIA DENTA (2022) ANALISIS YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI TERHADAP ISTRI (Studi Kasus Putusan Nomor: 214/Pid.Sus/2021/PN.Pkl). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000187_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Yuridis Terhadap Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Yang Dilakukan Oleh Suami Terhadap Istri” yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan hukum pidana materil terhadap kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang dilakukan oleh suami terhadap istri dan mengetahui pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang dilakukan oleh suami terhadap istri dalam perkara Nomor 214/Pid.Sus/2021/PN.Pkl. Pendekatan yang digunakan oleh penulis yaitu pendekatan yuridis normatif. Pendekatan ini dilakukan dengan mengumpulkan dan meneliti dari data kepustakaan atau data sekunder yang berkaitan dengan kasus perkara sebagai acuan dasar penelitian dan spesifikasi yang digunakan deskriptif analitis. Sumber data pada penulisan ini adalah data sekunder yang meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan studi penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Pisau analisis dalam penulisan ini menggunakan teori keadilan dan kepastian hukum. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga pada perkara nomor 214/Pid.Sus/2021/PN.Pkl telah sesuai dengan ketentuan hukum dalam pasal 44 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga yang mengatur tentang ketentuan pidana kekerasan dalam rumah tangga. Terpenuhinya unsur-unsur dalam pasal 44 ayat (1) yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana kepada terdakwa sesuai dengan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan. Pertimbangan Hukum Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga melalui pertimbangan-pertimbangan diantaranya yaitu fakta-fakta dalam persidangan, alat bukti yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum seperti keterangan saksi, alat bukti surat, keterangan dari Terdakwa dan alat bukti lainnya serta terpenuhinya unsur-unsur sesuai pasal yang didakwakan oleh Penuntut Umum. Kata Kunci: Tindak Pidana; Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:44
Last Modified: 11 Jan 2023 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item