HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN PANGGUNG KIDUL SEMARANG

Sentanu, Dendi (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN PANGGUNG KIDUL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800035_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Latar Belakang: Fenomena yakni covid-19 yang membuat dunia terkejut karena virus yang mudah menular. Bahkan indonesia juga terkena dampaknya sehingga pemerintah berupaya untuk mengendalikan tertularnya virus ini yaitu dengan menetapkan sebuah aturan dimana system pembelajaran diubah menjadi kelas secara virtual, supaya siswa tetap aman dan bisa mendapatkan ilmu walaupun berada di dalam rumah, akan tetapi pembelajaran dengan sistem daring ini menimbulkan halangan dan hambatan yang dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif, menggunakan tekhnik total sampling dengan jumlah responden 34. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tekhnik analisa data menggunakan uji Somers’d. Hasil: hasil analsis univariat pembelajaran daring terbanyak menyatakan cukup baik dengan 24 responden (70,6%) dan dengan motivasi belajar kategori termotivasi sebanyak 22 responden (64,7%), rata-rata usia 11-13 tahun, serta jenis kelamin paling banyak terdapat pada laki-laki dengan 21 responden (61,8%). Hasil bivariat uji Somers’d pembelajaran daring dengan motivasi belajar didapatkan hasil p= 0,000 (P> 0,05) dan nilai koefisien korelasi 0,455. Simpulan: Ada hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa SDN Panggung Kidul Semarang. Kata kunci: Hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa. Daftar pustaka: 38 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:30
Last Modified: 11 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26520

Actions (login required)

View Item View Item