PENGARUH VAKSINASI COVID-19 TERHADAP HARGA SAHAM : Event Study pada Perusahaan di sektor Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia yang terdaftar di BEI

Prasetyo, Danu (2022) PENGARUH VAKSINASI COVID-19 TERHADAP HARGA SAHAM : Event Study pada Perusahaan di sektor Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia yang terdaftar di BEI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20401900049_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Vaksinasi COVID-19 di Indonesia dengan harga saham di pasar modal Indonesia pada perusahaan di sector perhotelan dan pariwisata yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Untuk menguji pengaruh vaksinasi COVID-19 terhadap harga saham di Indonesia kami menggunakan event study yang dideskripsikan melalui Average Abnormal Return (AAR) di sekitar terjadinya periode peristiwa dan Average Trade Volume Activity (ATVA) sebelum dan saat dimulainya peristiwa Vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Peristiwa yang kami jadikan acuan adalah perisitwa vaksinasi COVID-19 pertama kali di Indonesia yaitu tanggal 13 januari 2021. Event study nya adalah H-5 sampai H+5. Teknik purposive sampling kami gunakan untuk menentukan sampel yang sesuai dengan kriteria sampel penelitian sehingga kami bisa menetapkan 29 perusaahaan di sector perhotelan dan pariwisata sebagi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya rata- rata abnormal retrun yang signifikan dan rata-rata trade volume activity dari 5 hari sebelum peristiwa vaksinasi COVID-19 hingga 5 hari saat peristiwa vaksinasi COVID- 19 di Indonesia di laksanakan. Perisitiwa Vaksinasi COVID-19 tidak memberikan sinyal kepada investor di dalam preferensinya menentukan keputusan investasi. Kata Kunci: Vaksinasi COVID-19, Harga Saham, Event Study, Average Abnormal return dan Average Trade Volume Activity.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:27
Last Modified: 11 Jan 2023 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26487

Actions (login required)

View Item View Item