PENGARUH PEER GROUP COUNSELOR TERHADAP PERSONAL REFERENCE, THOUGHT & FEELING PELAKSANAAN THAHARAH (PERSONAL HYGIENE) MENSTRUASI PADA SANTRIWATI DI PONPES AL-ITQON SEMARANG

Rohmah, Chumairoh Miftachur (2022) PENGARUH PEER GROUP COUNSELOR TERHADAP PERSONAL REFERENCE, THOUGHT & FEELING PELAKSANAAN THAHARAH (PERSONAL HYGIENE) MENSTRUASI PADA SANTRIWATI DI PONPES AL-ITQON SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800031_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Latar Belakang : Thaharah (Personal hygiene) adalah perawatan diri, pakaian, dan tempat dari segala kotoran dengan cara yang ditentukan syariat Islam untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis, serta menghindari gangguan pada organ reproduksi. Personal hygiene dipengaruhi oleh personal reference (faktor fasilitas, lingkungan dan dukungan dari pihak lain), Thought and Feeling (pengetahuan dan pemahaman). Salah satu cara membentuk sikap remaja dalam melakukan thaharah (personal hygiene) saat menstruasi yang sehat dan benar, yaitu melakukan pendidikan kesehatan dengan metode peer group counselor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer group counselor terhadap personal reference, thought and feeling pelaksanaan thaharah (personal hygiene) menstruasi pada remaja putri di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan PreEksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, jumlah responden sebanyak 43 santriwati dengan menggunakan uji paired t-test. Hasil : dari hasil pengujian personal reference didapatkan angka signifikasi 0.001 dan thought & feeling didapatkan angka signifikasi 0.000, yang artinya < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan personal reference, thought and feeling thaharah menstruasi setelah diberikan intervensi peer group counselor. Simpulan : hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh peer group counselor terhadap personal reference, thought and feeling pelaksanaan thaharah (personal hygiene) menstruasi dengan p value 0.001 dan 0.000. Kata kunci : Peer Group Counselor, Personal Reference, Thought And Feeling, Thaharah (Personal Hygiene) Menstruasi. Daftar Pustaka : 40 (2011 – 2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:24
Last Modified: 11 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item View Item