PENGARUH KOMBINASI RELAKSASI DENGAN DZIKIR DAN TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAH MARYAM TERHADAP KESEJAHTERAAN JANIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG

Pratiwi, Bella (2022) PENGARUH KOMBINASI RELAKSASI DENGAN DZIKIR DAN TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAH MARYAM TERHADAP KESEJAHTERAAN JANIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800028_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Latar Belakang : Kesejahteraan janin merupakan kondisi dimana janin dalam keadaan sejahtera yang diukur berdasarkan denyut jantung dan gerakan janin. Penanda kesejahteraan janin meliputi denyut jantung janin, gerak napas janin, gerak badan janin, tonus otot janin, serta jumlah air ketuban, adapun faktor yang dapat mempengaruhi kesejahteraan janin antara lain faktor genetik, pertambahan berat badan dan nutrisi ibu hamil yang tidak adekuat, penyakit ibu yang kronis, infeks i selama kehamilan dan paparan karsinogen. Salah satu cara untuk menjaga keadaan janin dalam keadaan sejahtera yaitu dengan memberikan stimulasi pralahir, yaitu dengan relaksasi dzikir dan murottal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi relaksasi dengan dzikir dan terapi murotal Alqur’an surah Maryam terhadap kesejahteraan janin di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu Semarang. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan PreEksperimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Pengambila n sampel menggunakan teknik probability sampling, jumlah responden sebanyak 40 ibu hamil dengan menggunakan uji McNemar. Hasil : Dari hasil pengujian Dzikir dan murottal Al-Qur’an terhadap kesejahteraan janin didapatkan angka signifikasi 0.000, yang artinya < 0.05. Hal ini menunjukk a n bahwa terdapat perbedaan kesejahteraan setelah diberikan intervensi relaksasi dengan dzikir dan murottal Al-Qur’an. Simpulan : Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh kombinasi relasasi dengan dzikir dan terapi murottal Al-Qur’an surah Maryam terhadap kesejahteraan janin p value 0.000. Kata kunci : Dzikir, Murottal Al-Qu’an, kesejahteraan janin Daftar Pustaka : (2015 – 2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:49
Last Modified: 11 Jan 2023 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26466

Actions (login required)

View Item View Item