FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECEMASAN DALAM PENCAPAIAN PERAN SEBAGAI IBU PADA PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG

RASENDRYA, AURELLIA AZHARINE (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECEMASAN DALAM PENCAPAIAN PERAN SEBAGAI IBU PADA PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800025_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Latar Belakang : Kecemasan merupakan respon masing-masing individu terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan serta merupakan suatu keadaan emosi tanpa objek yang spesifik. Pencapaian peran ibu merupakan proses yang bersifat interaktif dan berkembang yang terjadi sepanjang waktu selama bayi melekat pada ibunya, memperoleh kecakapan dalam melakukan tugas yang diperlukan dalam peran tersebut dan mengungkapkan rasa senang dan puas pada peran tersebut. Kehamilan pertama atau primigravida merupakan sebuah pengalaman baru bagi seorang wanita yang ditandai dengan perubahan, baik itu psikologis maupun perubahan pada fisik. Metode : desain penelitian ini menggunakan penelitian noneksperimental dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 57 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji statistic regresi logistik berganda. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden mempunyai usia yang cukup sebanyak (84,2%), pendapatan < UMK sebanyak (78,9%), Pendidikan tinggi sebanyak (80,7%), dukungan keluarga yang baik sebanyak (56,1%), tabel dukungan suami tidak baik sebanyak (84,3%), konsep diri yang baik (100%), pencapaian peran ibu tidak baik dengan sebanyak (77,1%). Hasil uji statistic regresi logistik berganda didapatkan faktor yang paling memengaruhi kecemasan dalam pencapaian peran sebagai ibu pada primigravida adalah pendapatan dengan nilai Od Rasio 1.295. Simpulan : ada pengaruh usia,pendapatan dan dukungan suami terhadap kecemasan dalam pencapaian peran sebagai ibu pada primigravida. Faktor yang paling memengaruhi adalah pendapatan. Kata kunci : Kecemasan, Pencapaian peran, Primigravida. Daftar Pustaka : 31 (2009-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:44
Last Modified: 11 Jan 2023 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26453

Actions (login required)

View Item View Item