HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DIABETES MELITUS (DM) DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DM DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Ramadhina, Aura (2022) HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DIABETES MELITUS (DM) DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DM DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800024_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit menahun jangka Panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang lebih tinggi dari biasanya dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang disebabkan oleh kekurangan hormone insulin secara relative. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepatuhan diet diabetes melitus dengan kadar glukosa darah pada pasien diabetes melitus. Metode : Jenis penelitian dalam penilitian ini adalah korelasi yang bersifat menjelaskan hungan antar variabel. Sedangkan desain penelitian dengan pendekatan retrospektif. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive sampling dengan jumlah sampel 66 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis dengan menggunakan uji spearman. Hasil : Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas responden patuh terhadap diet sebanyak 36 orang, responden yang tidak patuh diet sebanyak 30 orang. Sedangkan untuk tingkat kadar gula darah menunjukan mayoritas responden memiliki kadar glukosa darah yang sedang (100-200 mg/Dl) sebanyk 42 orang, sedangkan yang paling sedikit responden yang kadar glukosa darah rendah (100 mg/dl) masing-masing sebanyak 12 orang Simpulan : Bahwa ada hubungan kepatuhan diet DM dengan kadar glukosa darah pada pasien diabetes melitus pada pasien diabetes di RSI Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Kepatuhan diet, DM, kadar gula darah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:42
Last Modified: 11 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item