GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KADAR KOLESTEROL PADA PASIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Setiani, Arini (2022) GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KADAR KOLESTEROL PADA PASIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800019_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Latar belakang: Kolesterol merupakan gabungan esensial membran struktural sel dan hal itu menjadi kerangka penting sel otak dan syaraf. Kolesterol yaitu bahan untuk pembentukan steroid (Asam float, estrogen, endogen, prostesteron, hormone adrenal korteks, dan asam empedu). Kolesterol disimpan di tempat yang memiliki konsentrasi tinggi di jaringan kelenjar didalam hati. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kolesterol didalam darah yaitu usia, aktifitas fisik, pola makan Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Faktor yang Mempengaruhi Kadar Kolesterol Pada Pasien Hiperkolesterolemia di Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Metode: Jenis penelitian yang diambil pada penelitian ini yaitu menggunakan desain deskriptif analitik dengan studi observasional untuk memberikan peneliti gambaran tentang fenomena yang telah diteliti dan dilakukan melalui observasi langsung. Sampel : pasien hiperkolesterolemia di rumah sakit islam sultan agung semarang Hasil : Dari 67 responden mendapatkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata responden berjenis kelamin perempuan sebanyak sebanyak 41(61,2%). Rentang umur 5165 tahun sebanyak 37 (55,2%), dengan tingkat pendidikan terbanyak SD/Sederajat 32 (47,8%), penelitian menunjukan aktifitas fisik pasien sebagian besar melakukan aktifitas fisik sedang 34 (50,7%) dan dengan kadar kolesterol tinggi dengan nilai 46 (68,7%). Simpulan : hasil penelitian ini menunjukan jika sebagian besar perempuan lebih banyak dari laki-laki dengan umur yang sudah semakin menua, tingkat pendidikan, dan aktifitas fisik yang kurang akan mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol pada tubuh Kata kunci : Kadar Kolesterol, Aktiftas Fisik, Hiperkolesterolemia Daftar Pustaka : 39 ( 2012-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:58
Last Modified: 11 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item