HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN TINGKAT KETERGANTUNGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

IKFIYANI, ARINA (2022) HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN TINGKAT KETERGANTUNGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit stroke menyebabkan sebagian dari otak tidak mendapatkan nutrisi dari aliran darah sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian otak yang terdampak. Kerusakan otak akibat stroke dapat meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif sehingga pasien stroke menjadi bergantungan pada orang lain dalam melakukan activity of daily living. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan fungsi kogitif dengan tingkat ketergantungan pemenuhan kebutuhan ADL pada pasien stroke. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelatif desain cross sectional design. Jumlah responden 67 orang menggunakan teknik pengambilan sampel consecutive sampling, instrument pengumpulan data dengan kuesioner. Uji analisis data menggunakan uji gamma. Hasil: Hasil penelitian didapatkan dari 67 responden, 40 berjenis kelamin perempuan dan 27 orang berjenis kelamin laki-laki, yang mengalami gangguan fungsi kognitif ringan dengan ketergantungan ADL ringan 24 orang, sedang 18 orang, berat 2 orang. Gangguan fungsi kognitif berat dengan ketergantungan ADL ringan 3 orang, sedang 14 orang, berat 6 orang. Kesimpulan: Ada hubungan fungsi kognitif dengan tingkat ketergantungan pemenuhan kebutuhan ADL pada pasien stroke (p value < 0,05). Kata kunci: Stroke, Gangguan Fungsi Kognitif, Activity Of Daily Living. Daftar Pustaka: 45 (2013-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:57
Last Modified: 11 Jan 2023 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item