HUBUNGAN PEMBELAJARAN SISTEM DARING DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA

Damayanti, Ardilla Sheila (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN SISTEM DARING DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800016_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa pandemi ini mengharuskan seluruh institusi pendidikan mengubah metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran sistem daring dimana tujuannya untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penularan virus covid-19.Kesiapan pembelajaran sistem daring tidak hanya pada para pengajar namun juga pada peserta didik. Kemandirian dalam belajar mandiri harus dimiliki oleh para peserta didik. Peserta didik harus memiliki tanggung jawab,inisiatif,disiplin dan kepercayaan diri yang baik agar mampu memiliki kemandirian belajar yang tinggi pada situasi pandemi dan belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif desain cross sectional dengan studi korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 278 orang dengan teknik Stratified Random sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji Spearman Rank Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 278 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik berusia18-20 tahun (69,8%), berjenis kelamin sebagian besar perempuan (88,8%), responden sebagian besar merupakan mahasiswa semester 3 (37,4%), dengan indeks prestasi paling banyak pada 2,763,00 sebanyak (80,6%), dan sebagian besar mahasiswa tidak mengikuti organisasi (53,6%). Hasil penelitian juga menunjukan dalam penilaian pembelajaran sistem daring sebagian besar menilai buruk (62,2%) dan pada kemandirian belajar mahasiswa paling banyak dalam kategori rendah (59,4%). Simpulan: ada hubungan antara Pembelajaran Sistem Daring dengan Kemandirian Belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula 0,000 < 0,05 dengan nilai r (0,403) Kata kunci: pembelajaran sistem daring, kemandirian belajar mahasiswa Daftar Pustaka: 33(2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:07
Last Modified: 12 Jan 2023 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item