PERAN KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN YANG DIRASAKAN DALAM MENINGKATKAN NIAT PEMBELIAN KEMBALI (Studi Kasus Belanja Online melalui Smartphone di Jawa Tengah)

Ferdianto, Raditya (2022) PERAN KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN YANG DIRASAKAN DALAM MENINGKATKAN NIAT PEMBELIAN KEMBALI (Studi Kasus Belanja Online melalui Smartphone di Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Magister Manajemen_20401900039_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sektor bisnis tak terkecuali e-commerce. Banyak bisnis online yang mengalami penurunan penjualan secara drastis karena pembatasan sosial yang begitu ketat, tetapi ada juga bisnis yang mengalami peningkatan hampir 5 kali lipat dari tahun sebelumnya. Untuk itu, pengelola bisnis e-commerce perlu melakukan tindakan preventif dengan menginvestigasi lebih lanjut mengenai faktor-faktor apa yang meningkatkan niat pembelian konsumen dalam berbelanja di e-commerce agar perusahaan bisa terus bertahan dan berkelanjutan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manfaat dan kemudahan yang dirasakan untuk meningkatkan pembelian ulang dan mengetahui peran mediasi pengalaman berbelanja dalam mempengaruhi hubungan manfaat dan kemudahan terhadap pembelian ulang pada belanja online. Sampel dalam penelitian ini adalah 152 pembeli dalam mobile shopping di Jawa tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kegunaan yang dirasakan dan lemudahan yang dirasakan terhadap pengalaman seluler konsumen, sedangkan pengalaman konsumen dalam mobile shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kembali. Niat pembelian kembali juga dapat ditingkatkan melalui pengalaman seluler konsumen yang di stimulus dari kegunaan yang dirasakan dan kemudahan yang dirasakan. Kata Kunci: COVID-19, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Konsumen, Niat Pembelian Ulang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:34
Last Modified: 11 Jan 2023 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item