PENGARUH MEDIA BERMAIN ULAR TANGGA CUCI TANGAN TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI COVID-19

Solekha, Anies Ulfa (2022) PENGARUH MEDIA BERMAIN ULAR TANGGA CUCI TANGAN TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800013_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Latar Belakang: upaya mengatasi penyebaran virus covid-19 salah satunya dengan cara mencuci tangan. Namun hal yang terjadi di usia sekolah kini, kesadaran dalam mencuci tangan masih kurang. Perilaku ini harus di tingkatkan. Salah satu solusi inovatif yakni melakukan pendidikan kesehatan dengan cara bermain permainan ular tangga. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan rancangan non equivalent control design. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi. Jumlah responden sebanyak 50 responden yaitu 25 kelompok intervensi dan 25 kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling.. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan uji Mann U Withney Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 50 responden penelitian, sebagian besar memiliki karakteristik sebagian besar berusia 8 dan 9 tahun dengan jenis kelamin paling banyak di kelompok kontrol adalah perempuan (60%) dan jenis kelamin paling banyak pada kelompok intervensi adalah laki-laki(64%). Perilaku cuci tangan pakai sabun pada kelompok kontrol dan pada kelompok intervens sebelum perlakukan keseluruhan dalam katgeori kurang (100%) dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol sebagain besar masih dalam kategori kurang (92%) intervensi sebagian besar dalam kategori baik(72%). Hasil ini juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok kontrol dan terdapat perbedaan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok perlakuan Simpulan: ada pengaruh yang signifikan media bermain ular tangga cuci tangan terhadap peningkatan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) anak usia sekolah dasar di era pandemi covid-19 (0,000 > 0,05). Kata kunci: media bermain ular tangga cuci tangan, peningkatan perilaku, cuci tangan pakai sabun, anak usia sekolah Daftar Pustaka: 70 (2011-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:31
Last Modified: 11 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item