EFEKTIFITAS PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DISABILITAS MELALUI PERDAMAIAN DI LUAR LEMBAGA FORMAL DAN PENYELESAIAN MELALUI PERADILAN DI WILAYAH KABUPATEN JEPARA

SAMSYUDIN, NOR (2022) EFEKTIFITAS PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DISABILITAS MELALUI PERDAMAIAN DI LUAR LEMBAGA FORMAL DAN PENYELESAIAN MELALUI PERADILAN DI WILAYAH KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000131_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Efektifitas penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan penyandang disabilitas di wilayah hukum kabupaten Jepara melalui penyelesaian di luar lembaga formal masih belum dapat diwujudkan. Penyelesaian melalui lembaga pengadilan yang kemudian ditempuh. Dengan demikian efektifitas penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan penyandang disabilitas di kabupaten Jepara berjalan sebaliknya. Kendala-kendala yang muncul di antaranya datang dari pelaku dan keluarga pelaku sendiri, misalnya merasa malu mempunyai istri disabilitas dan takut kelak anak yang dilahirkan istrinya juga menyandang disabilitas. Apabila efektifitas penyelesaian melalui penyelesaian di luar lembaga formal tidak tercapai, karena capaian yang yang diharapkan korban dan keluarga korban tidak terpenuhi, maka proses hukum melalui penyelesaian lembaga peradilan yang dilakukan. Dalam prosesnya pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan penyandang disabilitas kemudian oleh majlis hakim yang memeriksa perkara aquo diputus hukuman pidana penjara, agar 1). Keadilan berpihak kepada korban; 2). Kejahatan kekerasan seksual dengan korban perempuan penyandang disabilitas tidak terjadi lagi dan 3). Menimbang penyelesaian melalui jalan kekeluargaan di luar lembaga formal tidak dapat ditempuh karena menimbulkan ketidakpercayaan keluarga korban Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang dilakukan di wilayah hukum kabupaten Jepara dan bersifat deskriptif dengan lokasi penelitian di Satreskrim Polres Jepara dan Pengadilan Negeri Kelas 1B Jepara. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil riset di Satreskrim Polres Jepara dan di Pengadilan Negeri Kelas 1B Jepara dan data sekunder berupa putusan hakim. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan penyandang disabilitas tidak menghasilkan ssuatu penyelesaian yang dikehendaki para pihak, dan penyelesaian melalui lembaga resmi di Pengadilan Negeri Kelas 1B Jepara menjadi efektif dengan putusan dijatuhkannya vonis pidana penjara kepada pelakunya. Ke depan perlu dilakukan restrukturisasi peraturan perundang-undangan agar perempuan penyandang disabilitas yang menjadi korban kekerasan seksual mendapatkan keadilan, baik berupa perlindungan hukum maupun perlindungan ekonomi pasca-proses penyelesaian di pengadilan. Kata kunci : Efektifitas penyelesaian tindak pidana, Pelaku kekerasan seksual, Perempuan penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:27
Last Modified: 11 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item