ANALISIS YURIDIS PERBUATAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN MUDHARIB DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (Studi kasus di KSPPS BMT An-Najah Pekalongan)

FIKRY, MUHAMMAD TSAQIF (2022) ANALISIS YURIDIS PERBUATAN WANPRESTASI YANG DILAKUKAN MUDHARIB DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DENGAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN (Studi kasus di KSPPS BMT An-Najah Pekalongan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21302000054_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)

Abstract

Setiap pembiayaan yang dikeluarkan oleh KSPPS mengandung resiko tidak kembalinya dana yang disalurkan tersebut atau disebut pembiayaan macet yang mengakibatkan debitur wanprestasi, hal ini juga dialami oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wattamwil An Najah Pekalongan (KSPPS BMT An Najah Pekalongan) dalam memberikan pembiayaan, dan apabila pembiayaan macet akibat nasabah wanprestasi tersebut tidak diselesaikan maka akan mempengaruhi kelangsungan usaha KSPPS BMT An Najah Pekalongan. Oleh karena itu, guna menghindari risiko kerugian dalam memberikan fasilitas pembiayaan, KSPPS BMT An Najah Pekalongan dalam menyalurkan pembiayaan meminta pembebanan jaminan dari nasabahnya, termasuk pada pembiayaan mudharabah. Pendekatan yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Yuridis Sosiologis. Pendekatan Yuridis Sosiologis adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Penelitian Yuridis Sosiologis adalah penelitian hukum menggunakan data sekunder sebagai data awalnya, yang kemudian dilanjutkan dengan data primer dilapangan atau terhadap masyarakat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Pelaksanaan pembiayaan mudharabah dengan jaminan hak tanggungan di KSPPS BMT An Najah antara lain adalah Pengajuan permohonan pembiayaan, analisis pembiayaan, persetujuan pembiayaan, perjanjian pembiayaan, pencairan pembiayaan, dan monitoring. Semua langkah tersebut dilakukan dengan menggunakan prinsip prinsip 5C yang meliputi Character (sifat-sifat calon anggota pembiayaan, seperti kejujuran, perilaku dan ketaatannya), Capital (permodalan),Capacity (kemampuan) Collateral (agunan),Condition of economy (kondisi perkonomian). Selanjutnya untuk penyelesaian mudharib wanprestasi di KSPPS BMT An-Najah adalah Penyelesaian sengketa pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT An Najah antara lain Rescheduling (penyelamatan kembali), Reconditioning (persyaratan kembali), Restructuring ( penataan kembali) Kata Kunci: Pembiayaan, Pembiayaan Mudharabah, Penyelesaian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:22
Last Modified: 11 Jan 2023 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26417

Actions (login required)

View Item View Item