HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN HAND HYGINE DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Abidin, Alif Rozi Nur (2022) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN HAND HYGINE DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800009_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Latar Belakang: Karakteristik individu merupakan suatu proses psikologi yang mempengaruhi individu dalam memperoleh, mengkonsumsi serta menerima barang dan jasa serta pengalaman. Health-care Associated Infection (HAIs) atau yang lebih dikenal infeksi nosocomial merupakan penyakit infeksi yang diperoleh seorang selama perawatan atau selesainya berkunjung ke pelayanan kesehatan setelah <30 hari. kepatuhan cuci tangan mendorong penurunan infeksi MRSA (Methicillin Resistant Staphyloccous aureus) sebanyak 48% - 87%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara karakteristik dengan kepatuhan perawat dalam melaksanakan hand hygine di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penlitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 105 responden, pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji spearmen rank correlation. Hasil: Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil karakteristik responden yaitu Usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status perkawinan, masa kerja, agama, suku dan penghasilan yang hasil uji statistiknya diperoleh nilai p-value:(<0.05). Yang termasuk dalam kategori patuh dalam melaksanakan hand hygine sebanyak 92 responden dengan persentase (87,6%). Yang artinya terdapat hubungan antara karakteristik dengan kepatuhan perawat dalam melaksanakan hand hygine di Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik dengan kepatuhan perawat dalam melaksanakan hand hygine di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan keeratan hubungan yang lemah serta arah hubungan positif/berbanding lurus. Kata kunci: kepatuhan, karakteristik perawat, hand hygine Daftar Pustaka: 47 (2005-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:50
Last Modified: 11 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item