EFEKTIFITAS KOMBINASI RELAKSASI OTOT PROGRESIF DAN AUTOGENIK TERHADAP PERUBAHAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE II

Alfaris, Akhmad (2022) EFEKTIFITAS KOMBINASI RELAKSASI OTOT PROGRESIF DAN AUTOGENIK TERHADAP PERUBAHAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS (DM) TIPE II. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800006_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Pasien diabetes melitus tipe II relatif mengalami kekurangan insulin sehingga pengaturan kadar glukosa darah menjadi tidak terkontrol, pada akhirnya menyebabkan hiperglikemia. Bilamana hal ini tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi pada diabetes mengindikasikan pasien menjalani perawatan di rumah sakit untuk pengelolaan kadar glukosa darah. Kondisi seperti ini sering membuat pasien stres dan mengalami kecemasan yang hebat sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Glukosa darah dapat dikontrol dengan diet terkontrol dan manajemen stres. Manajemen stres dapat dilakukan dengan relaksasi otot progresif dan autogenik merupakan mind-body therapy dalam terapi komplementar dan merupakan terapi nonfarmakologi yang dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol kadar glukosa darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas antara kombinasi relaksasi otot progresif dengan relaksasi autogenik dalam perubahan kadar glukosa darah pada pasien DM tipe II. Jenis penelitian memakai modelquasy experiment, Pretest-posttest with control group design . teknik, purposive sampling, total sempel ada 22 responden. Hasil analisis penelitian ini didapatkan rata-rata kadar gula darah sebelum intervensi adalah 270 gr/dl, rata-rata kadar gula darah sesudah intervensi adalah 251,6 gr/dl dengan nilai p value= 0,000 artinya ada pengaruh relaksasi otot progresif dan autogenik dalam penurunan kadar gula darah pada pasien DM tipe II. Maka dapat disimpulkan bawah Relaksasi otot progresif dan relaksasi autogenik efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien DM tipe II Kata Kunci : relaksasi otot progresif, relaksasi autogenik, DM tipe II Daftar Pustaka : 30 (2002-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:43
Last Modified: 11 Jan 2023 01:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item