IHSAN ACHIEVEMENT ORIENTED LEADERSHIP: MODEL KEPEMIMPINAN MENUJU EMPLOYEEWELLBEING DAN KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOUR PADA MADRASAH ALIYAH DI JAWA TENGAH

SODIKIN, MOHAMAD (2022) IHSAN ACHIEVEMENT ORIENTED LEADERSHIP: MODEL KEPEMIMPINAN MENUJU EMPLOYEEWELLBEING DAN KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOUR PADA MADRASAH ALIYAH DI JAWA TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900009_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Doktor Ilmu Manajemen_10401900009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)

Abstract

Pemimpin memiliki peran yang sangat strategis dalam praktek manajemen pengetahuan dalam organisasi. Pemimpin dapat mendorong dan memfasilitasi kondisi agar para karyawan mau memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sehingga menjadi sumber daya pengetahuan organisasi, dan memudahkan untuk mengakses pengetahuan yang relevan untuk kemajuan organisasi. Oleh karena perannya yang sangat strategis tersebut, kapasitas dan karakteristik pemimpin harus terus dikembangkan untuk menghadapi berbagai tantangan perubahan dan diversitas dalam organisasi dengan nilai etika dan ahlak dalam bingkai nilai-nilai Islam. Hal ini karena nilai-nilai Islam memiliki dimensi yang komprehensif dan holistik, memiliki orientasi tujuan dan cakupan yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengembangkan konsep baru yaitu Ihsan achievement oriented leadership sebagai rekonstruksi konsep kepemimpinan achievement orienteddari path goal leadership theory. Kedua, menguji keterkaitan antara Ihsan achievement oriented leadership, social dan spiritual wellbeing dan knowledge sharing behaviour. Ketiga, mengembangkan model social dan spiritual wellbeing berbasis Ihsan achievement oriented leadership sehingga mampu mendorong knowledge sharing behaviour. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods. Studi kualitatif digunakan untuk pengembangan konsep Ihsan acchievement oriented leadership dan skala pengkuruannya. Penelitian kuantitatif dilakukan untuk validasi skala pengukuran konsep Ihsan achievement oriented leadershipdan menguji hubungan antar variabel sesuai model teoretik yang dikembangkan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah para guru di Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Tengah. Sampel penelitian dikumpulkan dengan teknik purposive sampling, yaitu guru-guru yang minimal memliki masa kerja satu tahun di madrasahnya masing-masing. Sampel terkumpul dan terverifikasi sebanyak 241. Data dianalisis dengan SEM menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini pertama, menemukan konsep kepemimpinan baru yaitu IhsanAchievement Oriented Leadership (IAOL). Konsep ini dimaknai sebagai konsep kepemimpinan yang berorientasi kerja unggul, dengan menjaga harmoni kualitas hubungan dengan Allah SWT dan hubungan dengan sesama manusia dengan spirit tauhid menjadi dorongan utama dalam melaksanakan dan mencapai kinerja. IAOL dibangun atas lima dimensi yaitu orientasi kerja unggul, menjaga harmoni, peningkatan kualitas diri, kebaikan dijadikan investasi dunia akherat, dan spirit tauhid sebagai dorongan utama. Kedua, ditemukan model bahwa Ihsan achivement oriented leadership dapat meningkatkanknowledge sharing behaviour.Social wellbeing dan spiritual wellbeing dapat dibangun dan dikembangkan melalui kepemimpinan yang memiliki karakteristik Ihsan achievement oriented leadership yang tinggi. Selanjutnya, social wellbeing dan spiritual wellbeing yang tinggi dapat meningkatkanknowledge sharing behaviour. Terakhir, social wellbeingdapat ditingkatkan melalui spiritual wellbeingyang tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:41
Last Modified: 11 Jan 2023 01:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item