HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP DAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASI SWA KEPERAWATAN DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA

Mawarni, Ajeng (2022) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP DAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASI SWA KEPERAWATAN DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800005_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang: Covid-19 adalah virus yang mudah menular dan dapat menyebabkan penyakit pernafasan pada manusia. Mengingat tingginya risiko dan tingginya angka kejadian covid-19, maka sikap dan perilaku pencegahan penyebaran covid-19 menjadi sangat penting. Sikap dan perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional seseorang. Mahasiswa dianggap memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan sikap dan perilaku pencegahan covid-19 pada mahasiswa keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data mentah yang diperoleh melalui kuesioner yang di isi langsung oleh responden secara online. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 288 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan Spearman Rank. Hasil: Sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat kecerdasan emosional dengan kategori sedang sebanyak 185 (64,2%). Sebagian besar mahasiswa sudah memiliki sikap dan perilaku pencegahan covid-19 pada kategori baik sebanyak 240 (83,3%) dan sebanyak 149 (51,7%). Hasil uji statistik diperoleh nilai ρ-value: 0,000 (<0,05) nilai tersebut dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional dengan sikap dan perilaku pencegahan covid-19 pada mahasiswa keperawatan di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Hasil uji diperoleh nilai r 0,422, hasil ini dapat diartikan bahwa hubungan antar kedua variabel sedang. Arah korelasi yang positif menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional maka semakin baik pula sikap dan perilaku mahasiswa terhadap pencegahan covid-19. Simpulan: Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional dengan sikap dan perilaku pencegahan covid-19 pada mahasiswa keperawatan di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, perilaku, pencegahan covid-19, sikap Daftar Pustaka: 31 (2015-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:39
Last Modified: 11 Jan 2023 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item