EFEKTIVITAS HUKUM PENERAPAN METODE E-TILANG DALAM PENEGAKAN PIDANA PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Penelitian di Polres Blora)

Rustam, Rustam (2022) EFEKTIVITAS HUKUM PENERAPAN METODE E-TILANG DALAM PENEGAKAN PIDANA PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Penelitian di Polres Blora). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000109_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Penerapan E-tilang merupakan langkah baik yang diambil kepolisian dalam mewujudkan pelayanan publik agar lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Mengedepankan pelayanan yang profesional guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi Polri serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam penegakan hukum khususnya dalam penindakan pelanggaran lalu lintas dimana masyarakat yang menjadi subjek hukum dari terjadinya sebuah pelanggaran di jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis (1) peran Kejaksaan dalam penanganan tindak pidana korupsi secara yuridis, (2) efektivitas penerapan E-tilang dalam penegakan pidana pelanggaran lalu lintas, (3) faktor penghambat yang mempengaruhi bekerjanya kebijakan E-tilang dalam penegakan pidana pelanggaran lalu lintas. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan atau dari sumber pertama dan belum diolah oleh pihak lain. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) CCTV dikategorikan sebagai peralatan Elektronik yang digunakan dalam upaya tilang yang saat ini digunakan dalam mengungkap pelanggaran dibidang Lalu Lintas, Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 telah sesuai jika dikaitkan/dijadikan sebagai peraturan tilang memalui CCTV saat ini, seperti yang telah disebutkan mengenai Pasal-pasal dan Undang-undang lain bahwa dasar peraturan tilang melalui CCTV efektif digunakan dan memiliki dasar yang jelas dengan inti yang sama antara peraturan/dasarnya. (2) Implementasi sinergitas pelayanan publik sistem tilang secara online terhadap penanganan penyelesaian pelanggaran lalu lintas mulai dari kepolisian hingga tahap sidang pengadilan telah menerapkan penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas melalui kecanggihan sistem komputerisasi yang terhubung dengan seluruh jaringan ATM BRI yang ada sehingga masyarakat tidak harus mendatangi kantor kejaksaan maupun pengadilan hanya untuk menyelesaikan permasalahannya dan tanpa harus mengikuti sidang pengadilan dengan melakukan sistem pembayaran elektronik atau e-comerce. (3) EDC sebagai sarana pelayanan aplikasi e-tilang dalam pembayaran denda perlu di hadirkan dalam setiap penggunaan aplikasi e-tilang namun kenyataanya, edc masih belum terdapat di setiap pos penindakan pelanggaran lalu lintas, hanya terdapat 1 pos dari 6 pos yang menggunakan EDC, hal ini perlu di perhatikan oleh pimpinan terhadap eksistensi penggunaan aplikasi e-tilang. Kata Kunci: Efektivitas Hukum, E-Tilang, Pelanggaran Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:20
Last Modified: 12 Jan 2023 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item