ANJANI, RIA (2022) TINGKAT STRES MAHASISWA PROFESI NERS MENJALANKAN PRAKTIK KLINIK DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30901700071_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30901700071_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
Latar Belakang : Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Salah satu yang terkena dampaknya yaitu jurusan pendidikan keperawatan. Pembelajaran klinik memiliki tujuan dalam pemantapan fungsi dan peran peserta didik sebagai perawat profesional, pelaksana, pengelola, pendidik, dan peneliti di bidang keperawatan. Salah satu hambatan dalam keberhasilan pembelajaran di profesi adalah stres yang meningkat. Stres yang berat dapat mengurangi efektivitas dan produktivitas mahasiswa dalam lingkungan belajar. Tujuan : Untuk mengetahui tingkat stres mahasiswa keperawatan selama praktik klinik selama pandemi Covid-19. Metode : Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data total sampling, total sampel 83 mahasiswa. Hasil : Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin bahwa jumlah responden terbanyak dalam penelitian ini adalah berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 73 responden (88%). Berdasarkan umur, diperoleh bahwa jumlah responden terbanyak dalam penelitian ini adalah berumur 22 tahun yaitu sebanyak 63 responden (75,9%). Tingkat stres mahasiswa profesi ners diperoleh hasil bahwa sebagian besar mahasiswa profesi Ners mengalami stres sedang yaitu sebanyak 77 responden (92,8%). Sedangkan responden yang mengalami stres berat sebanyak 6 responden (7,2%). Kata kunci : Pandemi Covid-19, Tingkat Stres, Mahasiswa Ners Daftar pustaka : 24 (2011-2021)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:31 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26359 |
Actions (login required)
View Item |