ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK KANDUNG DI PENGADILAN NEGERI MAJALENGKA (Studi Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl)

FITRI, IVEN SASWA SASTIA (2022) ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK KANDUNG DI PENGADILAN NEGERI MAJALENGKA (Studi Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000097_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Maraknya terjadi kekerasan seksual terhadap anak perlu mendapatkan perhatian serius mengingat akibat dari kekerasan seksual terhadap anak akan menyebabkan anak mengalami trauma yang berkepanjangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan hukum pidana Perkosaan Terhadap Anak Kandung di Pengadilan Negeri Majalengka Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl? Apa dasar pertimbangan hakim menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku perkosaan terhadap anak kandung di Pengadilan Negeri Majalengka Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl? Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan hukum secara yuridis empiris dan spesifikasi dalam penelitian ini adalah termasuk deskriptif analitis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan wawancara dengan Hakim dan Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Majalengka. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang berkaitan dengan teori keadilan dan teori pemidanaan. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa Penerapan Hukum Pidana Perkosaan Terhadap Anak Kandung di Pengadilan Negeri Majalengka Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl didasarkan pada fakta-fakta hukum baik melalui keterangan-keterangan saksi, keterangan terdakwa, maupun alat-alat bukti. Selain itu, juga didasarkan pada pertimbangan yuridis yaitu dakwaan dan tuntutan jaksa. Dalam kasus ini, jaksa menggunakan empat dakwaan yaitu penuntut umum mendakwakan, dakwaan Ketiga yaitu melanggar Pasal 81 ayat (3) Undang- Undang Perlindungan Anak, sanksi pidana lebih berat mengingat adanya tambahan sanksi pidana 1/3 dari ancaman pidana karena pelaku perkosaan merupakan ayah terhadap anak kandungnya sendiri. Dasar Pertimbangan Hakim Menjatuhkan Sanksi Pidana Terhadap Pelaku Perkosaan Terhadap Anak Kandung di Pengadilan Negeri Majalengka Perkara Nomor: 245/Pid.SUS/2021/PN.Mjl adalah telah sesuai, berdasarkan keterangan para saksi dan pengakuan terdakwa dengan alat bukti dalam persidangan, serta pertimbangan yuridis hakim dengan hal-hal yang memberatkan terdakwa, disertai pertimbangan hal-hal dapat meringankan terdakwa, dengan memperhatikan undang-undang yang terkait, serta diperkuat dengan keyakinan hakim dalam menjatuhkan putusan yang adil. . Kata kunci : Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana, Pemerkosaan, Anak Kandung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:54
Last Modified: 10 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26338

Actions (login required)

View Item View Item