PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA DALAM PROSES PERADILAN PIDANA (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Temanggung)

WAHYUDI, HENDRA (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA DALAM PROSES PERADILAN PIDANA (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Temanggung). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000094_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Anak adalah masa depan peradaban kita, perlakuan kita terhadap anak kita sekarang adalah sama dengan kita sedang menyusun dan menentukan arah peradaban kita, oleh karena itu patut berhati-hati dan peduli akan masa depan peradaban kita dengan equivalensi bahwa kepedulian kita akan anak adalah kepedulian kita akan masa depan peradaban kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum dan hak-hak bagi anak melakukan tindak pidana di Pengadilan Negeri Temanggung. Penelitian ini termasuk tipologi penelitian yuridis normatif. Dalam penelitian dikumpulkan dengan cara studi dokumen/pustaka dan wawancara dengan Pengadilan Negeri Temanggung. Analisis dilakukan dengan metode analisis kualitatif Hasil studi menunjukkan bahwa secara garis besar hak dan perlindungan anak yang melakukan tindak pidana telah sesuai dengan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Berkaitan dengan teori perlindungan hukum dan teori kepastian hukum, hak dan perlindungan hukum bagi anak yang melakukan tindak pidana selain telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012, pun telah memenuhi kriteria prinsip azas perlindungan hukum, yaitu 1) Anak tidak dapat berjuang sendiri; 2) Kepentingan terbaik bagi anak; 3) Ancangan daur ulang kehidupan; dan 4) Lintas sektoral. Kriteria penyidik dan hakim anak dalam memenuhi hak anak dan perlindungan hukumnya sudah sesuai dengan undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Hambatan apa yang terjadi terhadap proses peradilan pidana anak antara lain dari faktor keluarga pelaku, keluarga korban, birokrasi dan masyarakat. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak anak, Proses Peradilan Pidana Anak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:48
Last Modified: 10 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26329

Actions (login required)

View Item View Item