ANALISIS YURIDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG MENYEBABKAN MATI DENGAN PELAKU ANAK DI PENGADILAN NEGERI MUNGKID

ARIAWAN, TEGUH (2022) ANALISIS YURIDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG MENYEBABKAN MATI DENGAN PELAKU ANAK DI PENGADILAN NEGERI MUNGKID. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000076_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini mengkaji penerapan hukum dalam tindak pidana kekerasan terhadap anak yang menyebabkan mati dengan pelaku anak di Pengadilan Negeri Mungkid, Pertimbangan hakim dalam tindak pidana kekerasan terhadap anak yang menyebabkan mati dengan pelaku anak di Pengadilan Negeri Mungkid. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisis penerapan hukum dalam tindak pidana kekerasan terhadap anak yang menyebabkan mati dengan pelaku anak di Pengadilan Negeri Mungkid dan untuk mengkaji dan menganalisis pertimbangan hakim dalam tindak pidana kekerasan terhadap anak yang menyebabkan mati dengan pelaku anak di Pengadilan Negeri Mungkid. Metode pendekatan penelitian menggunakan yuridis Normatif yakni penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran dan literatur terhadap peraturan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti dengan menggunakan teori pemidanaan, teori Pembuktian, dan teori Hukum Pidana Islam. Hasil penelitian dan Pembahasan yakni tidak menemukan hal yang dapat menghapuskan pertanggungjawaban pidana, baik sebagai alasan pembenar atau alasan pemaaf, maka Anak harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan dijatuhi hukuman putusan pidana penjara selama 3 (Tiga) tahun dan 6 (enam) bulan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kutoarjo. Sedangkan Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan berpedoman terhadap adanya minimal 2 alat bukti dan disertai keyakinan Hakim bahwa Anak lah yang melakukan pidana. Hakim juga memperhatikan aspek secara yurdis dan Non Yuridis selama proses persidangan. Sehingga majelis hakim menyatakan dalam amar putusannya terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Turut serta melakukan kekerasan terhadap Anak yang menyebabkan kematian. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana Kekerasan Anak, Pengadilan Negeri Mungkid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:54
Last Modified: 10 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item