ANALISIS YURIDIS PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH AKIBAT SENGKETA KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH (STUDI PUTUSAN NO. 08/PDT.G/2020/PN.PSW)

SALEH, AL AHMAD (2022) ANALISIS YURIDIS PEMBATALAN SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH AKIBAT SENGKETA KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH (STUDI PUTUSAN NO. 08/PDT.G/2020/PN.PSW). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21302000005_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Tanah rentan menjadi objek sengketa, sehingga pengaturan hukum terkait penguasaan/pemberian hak atas tanah harus dapat dimaksimalkan untuk menjamin perlindungan terhadap pemegang hak atas tanah, Begitu pentingnya kegunaan tanah bagi perorangan atau badan hukum menuntut adanya jaminan kepastian hukum atas tanah tersebut. Sertifikat adalah tanda bukti bahwa hak milik atas sebidang tanah seseorang telah didaftarkan. Namun sertifikat sebagai tanda bukti hak tidaklah menjadi satu-satunya jaminan perlindungan Kepastian hukum seseorang atas tanah yang telah dimiliki. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisa secara yuridis terhadap pembatalan sertipikat hak milik atas tanah akibat terjadinya sengketa kepemilikan tanah (Studi Putusan No. 08/Pdt.G/2020/PN.Psw). dan untuk mengetahui Bagaimana kedudukan hukum sertipikat hak milik atas tanah yang telah dibatalkan oleh pengadilan. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalan tesis ini adalah metode penelitian hukum yuridis normative, Spesifikasi penelitian ini menggunakan deskriptif analitis, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah bahan hukum premier, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode analisa data yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis data kualitatif, yaitu analisis data yang tidak menggunakan angka-angka tetapi berdasarkan aturan perundang-undangan, literatur hingga dapat menjawab permasalahan dari penelitian ini. Semua data yang diperoleh kemudian dikelompokkan atas data yang sejenis untuk kepentingan analisis, dan disusun secara logis sistematis untuk selanjutnya ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode pendekatan deduktif (pendekatan dengan menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan). Kesimpulan adalah jawaban atau permasalahan yang diteliti, sehingga diharapkan akan memberikan solusi atas permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian bahwa analisis hukum terhadap putusan hakim tentang pembatalan Sertifikat Hak Milik yang tidak membatalkan Sertipikat hak atas tanah di Pengadilan Negeri Pasrwajo dalam perkara nomor 08/Pdt.G/2020/PN.Psw dimana dalam amar putusannya majelis hakim menyatakan demi hukum bahwa segala surat-surat bukti kepemilikan hak atas tanah yang terbit di atas Tanah Objek Sengketa berupa Sertifikat Hak Milik Nomor: 852, dengan Surat Ukur Nomor: 845/95 tanggal 23 Januari 1996 tercatat atas nama: HAMIDO (Suami Tergugat 1) dinyatakan tidak sah serta tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat terhadap Tanah Objek Sengketa. Seripikat tidaklah pernah dinyatakan batal. Maka secara hukum sertipikat hak milik Terggugat telah dinyatakan tidak berlaku dan mengikat objek sengketa oleh Pengadilan dan untuk selanjutnya Penggugat dapat mengajukan pembatalan dan permohonan hak kembali untuk diterbitkan sertifikatnya berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap kepada Badan Pertanahan Nasional. Kata Kunci : Pembatalan Sertifikat Hak Milik, Hak Atas Tanah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:37
Last Modified: 10 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26245

Actions (login required)

View Item View Item