TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN HASIL LELANG TANAH KETIKA TERJADI WANPRESTAS (Studi Pada Putusan Nomor : 121/Pdt.G.2017/PN.Unr)

RAHMALIA, RIZA SEPTI (2021) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN HASIL LELANG TANAH KETIKA TERJADI WANPRESTAS (Studi Pada Putusan Nomor : 121/Pdt.G.2017/PN.Unr). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900150_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Setiap kredit dengan jaminan berupa hak atas tanah harus dijaminkan dengan hak tanggungan yang dituangkan dalam Akta |Pemberian Hak Tanggungan (APHT), untuk pemberian kredit dengan jumlah tertentu. APHT dibuat, maka janji tersebut akan mengikat kedua belah pihak secara sah sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi wanprestasi. .Metode pendekatan yang digunakan yuridis normatif. Spesifikasi bersifat deskriptif analitis. Jenis data adalah data sekunder, dibedakan menjadi bahan hukum yang berasal dari hukum dan ilmu pengetahuan hukum. Metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan wawancara dengan metode analisis data adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinjauan hukum terhadap penjualan hasil lelang tanah ketika terjadi wanprestasi (Studi Pada Putusan Nomor : 121/Pdt.G.2017/PN.Unr) menurut pihak Kreditur telah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun hal tersebut berbeda dengan pendapat Debitur yang berasa bahwa proses lelang yang dilakukan pihak Kreditur adalah merugikan Debitur karena nilai limit lelang atas obyek tanah tidak sesuai karena jauh dibawah pasar dan hasil penjualan lelang tidak diberitahukan oleh pihak Kreditur kepada pihak Debitur. Kreditur telah memenuhi semua prosedur dan persyaratan lelang eksekusi sehingga lelang eksekusi terhadap obyek sengketa telah dilaksanakan dan terhadap lelang eksekusi yang telah dilaksanakan sesuai ketentuan tersebut tidak dapat dibatalkan. Nilai keadilan dalam pemenuhan harga hasil penjualan lelang hak atas tanah jika terjadi wanprestasi, adalah memenuhi keuntungan baik keuntungan bagi Debitur maupun Kreditur. Dalam hal ini, pihak Kreditur mendapatkan keuntungan dalam pengembalian uang yang dipinjamkan kepada Debitur. Sementara pihak Debitur yang wanprestasi, akan merasa mendapatkan keadilan apabila beban hutang terbayar dan pada saat jaminan dijual melalui lelang masih mendapatkan sisa. Kata kunci :Tinjauan Hukum, Penjualan hasil Lelang Tanah, Wanpretasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:19
Last Modified: 10 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26217

Actions (login required)

View Item View Item