PERAN UNIT REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI SATUAN LALU LINTAS POLRES KUDUS DALAM PELAYANAN DOKUMEN SEBAGAI ALAT BUKTI PADA PENEGAKAN HUKUM DI POLRES KUDUS

SAID, MASHITA CHERANI ASAAT (2022) PERAN UNIT REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI SATUAN LALU LINTAS POLRES KUDUS DALAM PELAYANAN DOKUMEN SEBAGAI ALAT BUKTI PADA PENEGAKAN HUKUM DI POLRES KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000053_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Kejahatan terkait kendaraan bermotor kerap terjadi di berbagai daerah, salah satunya di Kudus. Bentuk tindak pidananya antara lain pencurian kendaraan bermotor, pemalsuan surat kendaraan bermotor, pemalsuan plat nomor kendaraan bermotor. Penegakan hukum terhadap tindak pidana tersebut tidak lepas dari peran Unit Regident dalam memberikan pelayanan dokumen sebagai alat bukti terkait kondisi kendaraan atau keabsahan dokumen kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Satgas dalam pelayanan dokumen sebagai barang bukti dalam penegakan hukum di Polres Kudus serta kendala dan solusinya Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori penegakan hukum dan teori penanggulangan kejahatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran unit Regident dalam pelayanan dokumen sebagai alat bukti pada penegakan hukum di Polres Kudus adalah dengan memberikan pelayanan permohonan STNK dan BPKB sebagai alat bukti sah identitas dan kepemilikan kendaraan bermotor (upaya preventif) dan pelayanan dokumen sebagai alat bukti penegakan hukum berupa surat keterangan yang dimohonkan oleh Satreskrim terkait tindak pidana yang berhubungan dengan kendaraan bermotor. Hambatan dalam pelayanan dokumen sebagai alat bukti pada penegakan hukum di Polres Kudus tidak terdaftarkan kendaraan bermotor pada database Unit Regident, lamanya waktu pelayanan STNK/BPKB terutama ketika proses mutasi keluar (untuk balik nama), kurangnya kesadaran masyarakat untuk balik nama kendaraan bermotor dan adanya budaya masyarakat untuk menggunakan calo dalam proses permohonan dokumen kendaaan bermotor. Adapun solusi untuk mengatasinya adalah dengan koordinasi ke Regident Pusat. dan Pemilik Hak Merk Pusat, tetap menunggu bagian arsip, pemblokiran STNK, sosialisasi terhadap masyarakat agar mengurus dokumen kendaraan bermotor sendiri dan tidak memakai jasa calo. Kata kunci : Unit Regident, Dokumen, Alat Bukti, Penegakan Hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:59
Last Modified: 10 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26198

Actions (login required)

View Item View Item