MANFAAT PENERAPAN PRINSIP KEADILAN RESTORATIF TERHADAP PENGHENTIAN PENUNTUTAN PERKARA TINDAK PIDANA OLEH IBU TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Demak)

Aprisetya, Yulhana (2022) MANFAAT PENERAPAN PRINSIP KEADILAN RESTORATIF TERHADAP PENGHENTIAN PENUNTUTAN PERKARA TINDAK PIDANA OLEH IBU TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800383_fullpdf.pdf

Download (793kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Salah satu solusi yang dapat ditempuh dalam penanganan perkara Kekerasan Dalam Rumah Tangga adalah pendekatan restorative justice. Pendekatan restorative justice adalah sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan kadang-kadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penyelesaian perkara tindak pidana yang dilakukan oleh ibu terhadap anak kandungnya di Kabupaten Demak dan untuk mengetahui manfaat pendekatan restorative justice untuk menyelesaikan perkara ini dan mengapa pendekatan restorative justice yang harus diterapkan untuk menyelesaikan perkara tindak pidana yang dilakukan oleh ibu terhadap anak di Kabupaten Demak. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dan subjek penelitian ini adalah pihak yang bersangkutan yaitu Kejaksaan Negeri Demak,Kanit PPA Polres Demak, anggota penyidik dan beberapa pihak mediator. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer yaitu data yang diperoleh dari penelitian dilapangan dengan cara melakukan wawancara di Kejaksaan Negeri Demak dan Polres Demak. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari kepustakaan, analisis datanya dengan cara kualitatif dan disajikan dengan cara deskriptif yaitu menguraikan dan menjelaskan hasil dari penelitian ini sehingga diperoleh hasil kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkara tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh seorang ibu kepada anak kandungnya adapun ibu sebagai terlapor dan anak sebagai pelapor dapat diselesaikan menggunakan prinsip restorative justice sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak tentang pelaksanaan diversi dibantu oleh Kejaksaan Negeri Demak, Kanit PPA Polres Demak, dan beberapa anggota mediator. Faktor penghambat dalam penerapan restorative justice pada kasus ini adalah pelapor sempat menolak untuk melakukan mediasi bersama terlapor, adapun solusinya dibantu oleh Deddy Mulyadi (Anggota DPR RI Komisi IV) membantu mendatangkan pelapor untuk melakukan mediasi di Kejaksaan Negeri Demak. Proses mediasi berjalan lancar pelapor dan terlapor berhasil di damaikan. Kata kunci : Restorative Justice, KDRT, Kejaksaan Negeri Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:43
Last Modified: 10 Jan 2023 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item