PENGARUH GEL NANO KALSIUM DAN MIKRO KALSIUM DARI EKSTRAK CANGKANG TELUR BEBEK (Anas platyrhynchos domesticus) TERHADAP KEKERASAN ENAMEL GIGI : Studi (In vitro)

Puspasari, Arika Indah Marhayu (2022) PENGARUH GEL NANO KALSIUM DAN MIKRO KALSIUM DARI EKSTRAK CANGKANG TELUR BEBEK (Anas platyrhynchos domesticus) TERHADAP KEKERASAN ENAMEL GIGI : Studi (In vitro). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31101800015_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31101800015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Karies gigi adalah masalah kronis yang selalu terjadi di seluruh dunia tanpa batasan usia yang ditandai dengan penurunan pH mencapai 5,5. Penurunan ini menyebabkan lingkungan asam dan keseimbangan akan terganggu serta ion kalsium akan lebih banyak larut dari pada yang keluar dari saliva sehingga menyebabkan penurunan kekerasan enamel. Salah satu cara untuk meningkatkan kekerasan adalah melalui penambahan ion kalsium. Persentase kalsium karbonat dalam cangkang telur bebek (Anas platyrhynchos domesticus) sebesar 91-94% sehingga menjadi bahan pilihan untuk meningkatkan kadar ion Ca2+. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi gel nano kalsium dan gel mikro kalsium ekstrak cangkang telur bebek (Anas platyrhynchos domesticus) terhadap kekerasan enamel gigi. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment laboratoris in vitro dengan pretest posttest with control group, dibagi 3 kelompok yaitu kelompok 1 (GNCTB 20%), kelompok 2 (GMCTB 20%), dan kelompok kontrol (pasta CPP-ACP). Data dianalisis dengan uji Paired T-Test dan kruskal wallis dengan derajat signifikansi 5%. Kelompok 1 memiliki rata-rata kekerasan paling tinggi yaitu 289,22 VHN, kelompok 2 sebesar 219,37 VHN, dan kelompok kontrol sebesar 195,47 VHN. Hasil uji Paired T-Test ketiga kelompok antara pre test dan post test p=0,000. Hasil tersebut menunjukkan GNCTB 20% dan GMCTB 20% memberikan pengaruh terhadap kekerasan enamel gigi. Hasil uji kruskal wallis ketiga kelompok post test p=0,061. Hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan kekerasan enamel yang signifikan antara kelompok 1 (GNCTB 20%), kelompok 2 (GMCTB 20%), dan kelompok kontrol (pasta CPP-ACP). Kata kunci : gel ekstrak cangkang telur bebek, nano kalsium, mikro kalsium, kekerasan enamel, Vickers microhardness tester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:43
Last Modified: 10 Jan 2023 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item