SISTEM DAN PROSEDUR PENCAIRAN SERTA PENYALURAN ANGGARAN BELANJA KEGIATAN PEMAKAMAN COVID-19 DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SEMARANG

Fernanda, Anissa Rulyani (2022) SISTEM DAN PROSEDUR PENCAIRAN SERTA PENYALURAN ANGGARAN BELANJA KEGIATAN PEMAKAMAN COVID-19 DI DINAS SOSIAL KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
49401900008_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Prosedur Pencairan dan Penyaluran Anggaran Belanja Pemakaman Covid-19 merupakan kegiatan pemerintahan Kabupaten Semarang yang dilaksanakan langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Semarang di bawah pengawasan Bupati Semarang. Bidang yang menangani proses ini adalah bidang PPMKS di Dinas Sosial Kabupaten Semarang, kegiatan ini merupakan proses pencairan sampai dengan penyaluran Anggaran Belanja Pemakaman Covid-19 dalam bentuk bantuan berupa uang Tunai bagi masyarakat yang meninggal akibat terjangkit virus Covid-19 sesuai dengan beberapa kriteria dan juga melampirkan berkas pengajuan. Penelitian yang dilakukan dengan pengambilan data di lapangan secara langsung melalui program magang yang merupakan program fakultas ekonomi Unissula. Dalam proses pengambilan Data Penulis menggunakan metode wawancara secara langsung dan juga dokumentasi dari beberapa data yang telah sesuai dan di jadikan SPJ untuk pelaporan kepada Bupati dan juga BKUD. Hasil dari pengamatan yang telah dilakukan penulis, bahwa dalam proses pencairan dan penyaluran anggaran belanja pemakaman Covid-19 di Dinas Sosial Kabupaten Semarang sudah sesuai dengan keputusan Bupati namun terdapat beberapa kendala yang menghambat proses tersebut yaitu pada proses pengajuan dari masyarakat yang melampirkan Berkas yang kurang sesuai dan juga proses verifikasi yang membutuhkan waktu lama. Dari hal tersebut dapat disimpulkan karena kendala itu menyebabkan Dinas Sosial memunculkan Hutang pada Masyarakat. Sebaiknya dalam proses pelengkapan berkas perlu diadakanya sosialisasi lebih lanjut agar meminimalisir kesalahan berkas yang akan diajukan. Selain itu juga dari Dinas Sosial perlu adanya penambahan karyawan untuk lebih cepatnya proses verifikasi sehingga dalam proses pencairan dan penyaluran Anggaran Belanja Pemakaman Covid-19 bisa berjalan sesuai dengan prosedur dan dengan waktu yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:26
Last Modified: 10 Jan 2023 03:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26145

Actions (login required)

View Item View Item