PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH DI KABUPATEN JEPARA (Studi Kasus Terhadap Ranperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum)

WIDJAYANTI, GALUH SEKAR (2022) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH DI KABUPATEN JEPARA (Studi Kasus Terhadap Ranperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20302000036_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Peran Pemerintah Daerah dalam penyusunan rancangan Peraturan Daerah untuk mencapai Peraturan Daerah yang responsive dalam mendukung Otonomi Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran Pemerintah Daerah dalam penyusunan ranperda khususnya pada ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum di wilayah Kabupaten Jepara. Selain itu juga ditinjau dari perspektif hukum Islam terhadap langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitis-deskriptif dan menggunakan metode pendekatan yuridis-sosiologis. Sesuai dengan jenis dan pendekatan yang digunakan maka jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap informan terkait dan studi kepustakaan baik berupa dokumen, peraturan perundang-undangan maupun buku literature yang berkaitan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa peran Pemerintah Daerah dalam penyusunan ranperda memiliki kesesuaian dengan undang-undang Pemerintah Daerah yakni berhak untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah, termasuk dalam hal ini adalah pengajuan ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum di wilayah Kabupaten Jepara. Adanya factor pendukung yaitu organisasi yang solid, dukungan masyarakat, kehandalan, sumberdaya serta kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah dalam menyiapkan Peraturan Daerah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum di Kabupaten Jepara yaitu factor birokrasi yang berbelit, keterbatasan sumberdaya, sikap/disposisi. Kata Kunci: Peranan, Ranperda, Pemerintah Daerah, Peraturan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:24
Last Modified: 10 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26135

Actions (login required)

View Item View Item