EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK (Studi Kasus di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ngawi)

Astuti, Endah Subekti Tri (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ELEKTRONIK (Studi Kasus di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ngawi). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900121_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Kebutuhan akan pendaftaran Hak Tanggungan secara elektronik dengan adanya berbagai macam kelemahan perihal pengelolaan pendaftaran Hak Tanggungan berbasis digital, pada perkembangannya akan melahirkan ketidakefektivan di masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Efektivitas pelaksanaan pendaftaran hak tanggungan elektronik saat ini. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan pendaftaran hak tanggungan elektronik saat ini. 3) Pelaksanaan pendaftaraan hak tanggungan elektronik yang efektif di masa yang akan datang. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam membahas masalah penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif analitis. Jenis data menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan : 1) Efektivitas pelaksanaan pendaftaran hak tanggungan elektronik saat ini belum sepenuhnya efektif, dikarenakan masih terdapat beberapa hambatan atau kendala. Pendaftaran hak tanggungan elektronik belum semua dilakukan sesuai dengan prosedur yang tertera pada Juknis HT-el. Namun agar hukum dapat berlaku secara efektif tentunya kendala-kendala baik yang terjadi secara intemal mau pun ekstemal terkait dengan implementasi dari pendaftaran hak tanggungan mempergunakan sarana elektronik maka perlu dicarikan solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi tersebut. Setelah melalui berbagai kendala dalam melaksanakan pendaftaran secara elektronik, akan tetapi secara umum sejak berlakunya pendaftaran secara elektronik lebih efektif dan efisien ditengah pandemi covid-19. Hambatan terus diupayakan untuk diatasi agar semua berjalan lancar. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan pendaftaran hak tanggungan elektronik saat ini terdiri dari faktor yuridis dan non yuridis. Faktor yuridis misalnya pengecekan dokumen yang memakan waktu lama, dan aplikasi HT elektronik yang masih sering eror, sedangkan faktor non yuridis misalnya banyak PPAT yang belum terverifikasi sehingga belum bisa mengakses aplikai HT-el, SDM perbankan yang masih lambat, dan PPAT yang belum antusias dalam pelayanan HT-el karena dianggap lebih sulit. 3). Pelaksanaan pendaftaraan hak tanggungan elektronik yang efektif di masa yang akan datang harus dapat menjamin perlindungan hukum bagi masyarakat. Prinsipnya regulasi hukum jaminan hak atas tanah dengan pelayanan terintegrasi Hak Tanggungan Elektronik harus memberikan manfaat positif bagi masyarakat, Perbankan / kreditur dan PPAT. Pelaksanaan pendaftaraan hak tanggungan elektronik yang efektif harus diikuti dengan penegakan pemberlakuan PMATR/BPN nomor 5 tahun 2020 serta kesiapan semua pihak termasuk kesiapan SDM dan perangkat elektronik. Kata Kunci : Efektivitas, Hak Tanggungan, Elektronik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:08
Last Modified: 10 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26120

Actions (login required)

View Item View Item