PERBEDAAN TINGKAT STABILITAS WARNA DARI BEBERAPA MEREK GLASS IONOMER CEMENT PADA PERENDAMAN MENGGUNAKAN MINUMAN BERKARBONASI

Pramestari, Meutia Vina (2022) PERBEDAAN TINGKAT STABILITAS WARNA DARI BEBERAPA MEREK GLASS IONOMER CEMENT PADA PERENDAMAN MENGGUNAKAN MINUMAN BERKARBONASI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700048_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700048_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Glass ionomer cement (GIC) merupakan bahan tumpatan kedokteran gigi yang banyak digunakan karena keunggulan nilai estetiknya berupa stabilitas warna yang baik sehingga menjadi daya tarik dan minat yang tinggi saat ini. Penelitian berikut bertujuan guna mengetahui perbedaan stabilitas warna GIC dari beberapa merek berbeda setelah perendaman menggunakan minuman berkarbonasi. Metode penelitian berikut berjenis analitik eksperimental laboratoris menggunakan rancangan penelitian pretest - posttest control design. Terdiri dari 4 kelompok berdasarkan mereknya Fuji IX, Fx Ultra, Ionglass R, dan ShangChi yang masing-masing berjumlah 7 sampel. Sampel direndam menggunakan minuman berkarbonasi Coca-Cola® selama 7 hari. Pengukuran warna menggunakan metode L*a*b dari foto digital dan Adobe Photoshop software. Data yang diperoleh dilakukan uji statistik Kruskall-Wallis dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan perubahan warna pada beberapa merek GIC. Terdapat perbedaan nilai perubahan warna yang signifikan pada merek Ionglass R terhadap kelompok yang lain (Fuji IX p = 0,004; FX Ultra p = 0,004; dan ShangChi p = 0,004). Sedangkan kelompok merek lain tidak memiliki perbedaan nilai perubahan warna yang signifikan (p > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai perubahan warna pada beberapa merek GIC. Hasil penelitian menjelaskan GIC merek Fuji IX memiliki stabilitas warna paling tinggi diantara 3 merek lainnya dengan perubahan warna paling rendah (2,1564 ± 1,18151). Kata Kunci: GIC, stabilitas warna, merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:07
Last Modified: 10 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item