PERBEDAAN PENGARUH PENYUSUNAN SERAT SERABUT KELAPA SECARA CONTINUOUS DAN HYBRID TERHADAP KEKUATAN IMPAK FIBER REINFORCED ACRYLIC RESIN (FRAR)

Salsabiel, Hasna (2022) PERBEDAAN PENGARUH PENYUSUNAN SERAT SERABUT KELAPA SECARA CONTINUOUS DAN HYBRID TERHADAP KEKUATAN IMPAK FIBER REINFORCED ACRYLIC RESIN (FRAR). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700040_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Resin akrilik adalah satu satunya bahan yang digunakan untuk basis gigi tiruan dan sering dipakai oleh klinisi. Resin akrilik memiliki kekurangan rentan patah apabila mendapat beban yang kuat. Serat serabut kelapa dapat dijadikan penguat pada resin akrilik. Resin akrilik yang ditambahkan serat kelapa dinamakan Fiber Rinforced Acrylic Resin (FRAR). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyusunan serat serabut kelapa terhadap kekuatan impak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental laboratorium dengan desain posttest-only. Sampel penelitian berjumlah 27 yang dibagi menjadi 1 kelompok kontrol dan 2 kelompok perlakuan yaitu kelompok tanpa tambahan serat serabut kelapa, kelompok susunan continuous, dan kelompok susunan hybrid. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan Levene Test, uji nonparametrik menggunakan Kruskal-Wallis dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan rerata kekuatan impak berturut-turut pada kelompok tanpa tambahan serat, kelompok susunan continuous, dan kelompok susunan hybrid adalah 20 ± 4,770 KJ/m2, 23 ± 4,876 KJ/m2, dan 28 ± 2,224 KJ/m2. Hasil uji Kruskal-Wallis dan uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antar kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat perbedaan pengaruh penyusunan serat serabut kelapa. Kelompok serat yang disusun secara hybrid memiliki hasil kekuatan impak yang paling tinggi. Kata kunci: Fiber Reinforced Acrylic Resin (FRAR), Penyusunan Serat, Continuous, Hybrid, Kekuatan Impak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:40
Last Modified: 10 Jan 2023 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26113

Actions (login required)

View Item View Item