ANALISA PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP TUNTUTAN JAKSA TERDAKWA PENGGUNA NARKOTIKA BERDASARKAN ASAS BERKEADILAN (Studi Penelitian di Pengadilan Negeri Magelang)

MARYUANNA, CHRISTIAN ERRY WIBOWO (2022) ANALISA PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP TUNTUTAN JAKSA TERDAKWA PENGGUNA NARKOTIKA BERDASARKAN ASAS BERKEADILAN (Studi Penelitian di Pengadilan Negeri Magelang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
20302000019_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan untuk mengurangi tindak kejahatan penyalahgunaan narkotika tidak terlepas dari peranan hakim sebagai salah satu aparat penegak hukum yang tugasnya mengadili terdakwa. Keputusan hakim dalam mengambil suatu keputusan harus mempunyai pertimbangan yang bijak agar putusan tersebut bedasarkan asas keadilan dan juga untuk mewujudkan efektivitas penegakan hukum dengan mereformulasi produk hukum Narkotika terkait status pengguna narkotika dihadapan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis (1) parameter pengguna narkotika dalam kebijakan formulatif yuridis pada tahap peradilan berimplikasi pada sanksi hukum, (2) kontruksi pertimbangan hakim terhadap tuntutan jaksa untuk memberikan putusan terdakwa pengguna narkotika yang berkeadilan, (3) kelemahan produk hukum narkotika dalam memberikan hukuman terhadap pengguna narkotika sebagai hambatan bagi hakim untuk mewujudkan asas keadilan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan atau dari sumber pertama dan belum diolah oleh pihak lain. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ketentuan mengenai penjatuhan vonis rehabilitasi terhadap pecandu narkotika diatur di dalam Pasal 103. Perbuatan-perbuatan berupa memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika dan prekursor narkotika Pasal 111 dan 112 untuk narkotika golongan I, Pasal 117 untuk narkotika golongan II dan Pasal 122 untuk narkotika golongan III serta Pasal 129 huruf a. (2) Putusan Nomor20/Pid.Sus/2020/PN Mgg bahwasanya memang terdakwa sebagai pengguna, tetapi dia bukan sebagai pengedar, susunan atau bentuk dakwaan yaitu minimum khusus, dia harus dijatuhkan hukuman sebagai pengguna sesuai dengan teori dalam artian bagaimana dakwaan bagaimana pembuktiannya. (3) Gagasan reformulasi kebijakan pidana terkait dengan penegasan unsur subjektif (mens rea) dalam rumusan Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (UU Narkotika) sebagai bagian dari upaya jaminan atas hak dasar pengguna narkotika. Ada kecenderungan jaksa dalam tataran praktis untuk menggunakan kedua pasal tersebut sebagai dasar tuntutan terhadap pengguna narkotika karena lebih mudah untuk dibuktikan daripada Pasal 127 UU Narkotika. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Pengguna Narkotika, Berkeadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item View Item