PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPATUHAN INTRUKSI DIET PADA PASIEN PASCA ODONTEKTOMI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG DAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE SEPTEMBER-NOVEMBER 2021

Liliyana, Afra Sinta (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPATUHAN INTRUKSI DIET PADA PASIEN PASCA ODONTEKTOMI DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG DAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE SEPTEMBER-NOVEMBER 2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31101700007_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penyembuhan luka setelah dilakukan odontektomi sangat membutuhkan sikap kooperatif dari pasien untuk mematuhi intruksi dari dokter gigi sebelum dan sesudah dilakukan odontektomi. Salah satu intruksi yang diberikan pasca odontektomi adalah melakukan diet pasca pembedahan. Pasien cenderung mentaati dan melakukan intruksi untuk melakukan diet dengan baik adalah pasien yang memahami informasi dari dokter gigi yaitu biasanya pada pasien dengan tingkat pendidikan lebih tinggi. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepatuhan intruksi diet pada pasien pasca odontektomi. Metode: Penelitian ini menggunakan suatu rancangan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional serta total sampel sebanyak 33. Kelompok tingkat pendidikan terdiri dari 3 kelompok yaitu tingkat pendidikan SMP, SMA, dan S1. Kuisioner yang digunakan adalah Morisky Medication Adherence Scale version 8 (MMAS-8). Uji statistik dilakukan menggunakan uji hipotesis Kruskall-wallis. Hasil Penelitian : Hasil penelitian dengan uji Kruskal-Wallis menunjukan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap perbedaan kepatuhan instruksi diet lunak dan diet biasa pada pasien pasca odontektomi. Kategori tingkat kepatuhan meningkat seiring semakin tingginya tingkat pendidikan. Kesimpulan: Terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap kepatuhan intruksi diet pada pasien pasca odontektomi. Kata Kunci: Instruksi diet, MMAS-8, pasca odontektomi, tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:15
Last Modified: 10 Jan 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26092

Actions (login required)

View Item View Item