GUMOLUNG, ALDO BAGASKARA (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN HAK TANGGUNGAN SECARA ELEKTRONIK OLEH PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
21301900106_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
Abstract
Teknologi mengalami perkembangaan saat ini, dimana teknologi dapat meningkatkan layanan pertanahan, khususnya mengenai hak tanggungan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agraria Bidang dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menerapkan pelayanan hak tanggungan terintegrasi secara elektronik dengan meluncurkan layanan terkait elektronik, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik yang ditandatangani Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil pada tanggal 6 April 2020. sebelum dikeluarkannya Permen ATR/KBPN, pendaftaran HT-el dianggap kurang efektif, karena terdapat keterlambatan pada saat pendaftaran. Penulis memandang bahwa topik ini sangat menarik dan penting untuk dijadikan penelitian dan menarik untuk dibahas lebih lanjut karena dapat dikatakan bahwa HT-el merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas kinerja dan kualitas dalam melayani masyarakat. Dengan penelitian ini, penulis dapat mengetahui secara langsung fakta-fakta yang terjadi mengenai HT-el, sehingga dapat melihat apakah kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri ATR/BPN sudah sesuai dengan tujuan yang menginginkan efektivitas kerja lebih cepat dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pelayanan hak tanggungan secara elektronik oleh PPAT di Kota Semarang dan Untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas pelayanan hak tanggungan secara elektronik oleh PPAT di Kota Semarang. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan secara yuridis empiris atau yuridis sosiologis. Penelitian yuridis sosiologis adalah penelitian yang condong bersifat kualitatif, berdasarkan data primer. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari objeknya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, mekanisme pelayanan hak tanggungan pada PPAT Kota Semarang, hanya pada tahap pengecekan sertifikat tanah pada kantor pertanahan, pembuatan akta APHT dan penyampaian APHT beserta berkas yang terkait dengan penjaminan Hak Tanggungan pada aplikasi https://mitra.atrbpn.go.id. secara online tanpa melakukan pendaftaran Hak Tanggungan secara manual pada Kantor Pertanahan. Keefektifitasan pelayanan HT-el oleh PPAT di Kota Semarang, layanan HT-el ini sudah memenuhi syarat efektif. Kata Kunci : Efektifitas, Hak Tanggungan Elektronik, PPAT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Pascasarjana > Magister Kenotariatan |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26089 |
Actions (login required)
View Item |