EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SIM ( SURAT IZIN MENGEMUDI ) DI SATUAN LALU LINTAS POLRES BLORA

JOVI, ARNIA (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SIM ( SURAT IZIN MENGEMUDI ) DI SATUAN LALU LINTAS POLRES BLORA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
20302000011_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan Satlantas Polres Blora sangatlah dibutuhkan masyarakat untuk menunjang kelancaran dalam pembuatan SIM, tuntutan masyarakat terhadap Satlantas Polres Blora agar dapat meningkatkan pelayanan mereka merupakan keharusan bagi Satlantas Polres Blora guna mewujudkan kualitas pelayanan yang baik, sehingga apa yang menjadi keinginan dan harapan pengguna jasa akan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis (1) Faktor apakah yang mempengaruhi kurang efektivnya prosedur pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi di unit penerbitan SIM, (2) upaya dari pihak kepolisian dalam mengatasi masalah pelayanan pembuatan surat izin mengemudi yang tidak sesuai dengan SOP surat izin mengemudi atau Undang-undang, (3) konsep strategis proses pembuatan SIM yang efektif prosedur yang singkat, cepat,tepat dan memuaskan masyarakat namun tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan atau dari sumber pertama dan belum diolah oleh pihak lain. Sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pengkajian efektivitas prosedur pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi di Polres Blora, ditentukan oleh 4 (empat) indikator yakni sumber daya, dana, sarana dan prasarana; jumlah dan mutu barang/jasa yang harus dihasilkan telah ditentukan; batas waktu pelayanan; dan tata cara pelayanan. (2) Adapun faktor pungli menjadi penghambat dalam efektivitas keberhasilan pelayan SIM di Satlantas Polres Blora yang mana upaya pihak kepolisian dalam mengatasi masalah pelayanan pembuatan surat izin mengemudi yang tidak sesuai dengan SOP surat izin mengemudi atau Undang-undang dalam hal berupaya mengoptimalkan penegakan hukum terhadap anggota Polri yang melakukan pungli dalam pembuatan SIM. (3) Konsep strategis dalam pelayanan pembuatan SIM untuk mewujudkan pelayanan yang singkat, cepat, tepat, dan memuaskan masyarakat tanpa melenceng dari ketentuan SOP dan perundang-undangan berkorelasi terhadap teori pelayanan publik yang berkualitas yang terdiri dari Transaparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan hak serta Keseimbangan hak dan kewajiban. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Pembuatan SIM, Satuan Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:49
Last Modified: 10 Jan 2023 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item