PERAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN KONTRAK KERJA APOTEKER DENGAN PEMILIK MODAL ATAS APOTEK (Studi Kasus Kerjasama Apotek di Kabupaten Grobogan)

DAMARA, AHMAD MUFTI (2022) PERAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN KONTRAK KERJA APOTEKER DENGAN PEMILIK MODAL ATAS APOTEK (Studi Kasus Kerjasama Apotek di Kabupaten Grobogan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900102_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)

Abstract

Notaris merupakan pejabat publik bertugas mewakili negara dan merupakan suatu profesi, Sehingga notaris mendapatkan kepercayaan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Nilai kepercayaan ini yang dimiliki notaris selaku seorang pejabat umum tidak saja karena ia peroleh karena undang-undang dalam membuat akta otentik. Penelitian ini ingin menjawab permasalahan bagaimana peran notaris dalam pembuatan kontrak kerja apoteker dengan pemilik modal atas apotik dikabupaten grobogan,bagaimana Kendala dan Solusi peran notaris dalam pembuatan kontrak kerja apoteker atas apotek dikabupaten grobogan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian deskriptif analitis, data yang digunakan ialah data primer dan sekunder, data diakses secara kualitatif dan permasalahan peneliatan dianalisis dengan teori perlindungan hukun dan teori kepastian hukum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) peran notaris dalam pembuatan kontrak kerja ialah notaris berwenang membuat akta otentik mengenai semua perbuatan perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik. (2) kendala dan solusi yang dilakukan notaris dalam pembuatan kontrak kerja yang paling sering terjadi ialah dalam perubahan isi dari akta tidak melibatkan dari kedua belah pihak yang melakukan perjanjian kotrak kerja kurangnya pengetahuan tentang aturan perubahan dari isi kontrak kerja Konsekuensi apabila tidak terpenuhinya salah satu dari syarat subyektif ini adalah bahwa kontrak tersebut dapat “dapat dibatalkan” atau “dimintakan batal” oleh salah satu pihak yang berkepentingan. Kata Kunci : Peran Notaris, Perjanjian Kontrak Kerja, Apotek

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:14
Last Modified: 10 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26078

Actions (login required)

View Item View Item