PENEGAKAN HUKUM PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DALAM JABATAN (Studi Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat)

WICAKSONO, ARIGONNANTA BAGUS (2022) PENEGAKAN HUKUM PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DALAM JABATAN (Studi Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
20302000009_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana penggelapan yang merupakan kejahatan sering sekali terjadi diberbagai bidang dan bahkan pelakunya diberbagai lapisan masyarakat. Baik lapisan bawah maupun lapisan atas yang melakukan tindak pidana ini. Melihat banyaknya kasus penggelapan yang terjadi di Indonesia tentunya ini sangat memprihatinkan. Penyalahgunaan Kepercayaan yang mendominasi sebagai unsur tindak pidana pengelapan ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana penegakan hukum tindak pidana penggelapan dalam jabatan di wilayah hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat? Apa faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana penggelapan dalam jabatan di wilayah hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan wawancara dengan Penyidik di Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat yang kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan teori penegakan hukum, teori evektifitas hukum dan teori penegakan hukum pidana menurut perspektif Islam. Hasil penelitian ini adalah Penegakan Hukum Tindak Pidana Penggelapan Dalam Jabatan Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat dilakukan melalui pendekatan penal yakni dengan cara upaya hukum. Upaya hukum dengan jalur penal menitikberatkan pada tindakan yang bersifat represif yaitu tindakan pemberantasan dan penumpasan untuk mengatasi masalah tindak pidana penggelapan. Kebijakan hukum dalam upaya penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana penggelapan termasuk ke dalam kebijakan sosial, yaitu kebijakan atau upaya-upaya rasional dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Tindak Pidana Penggelapan Dalam Jabatan Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat berdasarkan data yang diperoleh secara umum adalah Adanya niat dan kesempatan, Sifat tamak dari terdakwa dan Mentalitas terdakwa Kata Kunci : Penegakan Hukum, Pidana, Pelaku, Tindak Pidana, Penggelapan, Jabatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26076

Actions (login required)

View Item View Item