PENGARUH PENYULUHAN ONLINE MELALUI VIDEO TELECONFERENCE DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK (Studi pada anak-anak kelas IV dan V di SD Islam Sultan Agung 1 dan SD Islam Sultan Agung 3 Semarang)

Henry, Shera Aisya (2022) PENGARUH PENYULUHAN ONLINE MELALUI VIDEO TELECONFERENCE DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK (Studi pada anak-anak kelas IV dan V di SD Islam Sultan Agung 1 dan SD Islam Sultan Agung 3 Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Kedokteran Gigi_31101600633_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Gigi_31101600633_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Karies merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yang diawali dengan proses pembentukan plak secara fisiologis dan dalam jangka waktu tertentu. Karies disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu upaya peningkatan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan penyuluhan. Pada masa pandemi COVID-19 penyuluhan dilakukan secara online untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan online melalui video teleconference. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experimental dengan One- Group Pre-Test and Post-Test. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV dan V di SD Islam Sultan Agung 1 dan SD Islam Sultan Agung 3 Kota Semarang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan berjumlah 86 anak. Data diambil dari hasil pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada hasil data sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan online yang artinya terdapat pengaruh pada penyuluhan secara online terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak karena terjadi peningkatan pengetahuan sesudah dilakukan penyuluhan online. Kesimpulan yang diperoleh yaitu penyuluhan secara online melalui video teleconference berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak. Kata Kunci : kesehatan gigi dan mulut, video teleconference, penyuluhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:05
Last Modified: 09 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item View Item