PERAN NOTARIS DALAM PROSES AKUISISI PERUSAHAAN STUDI KASUS AKUISISI PT. MITRA AUSTRAL SEJAHTERA OLEH PT. INTI NUSA SEJAHTERA DI JAKARTA

NUGROHO, BAGUS SUSILO (2022) PERAN NOTARIS DALAM PROSES AKUISISI PERUSAHAAN STUDI KASUS AKUISISI PT. MITRA AUSTRAL SEJAHTERA OLEH PT. INTI NUSA SEJAHTERA DI JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21301900015_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

PERAN NOTARIS DALAM PROSES AKUISISI PERUSAHAAN. STUDI KASUS AKUISISI PT. MITRA AUSTRAL SEJAHTERA OLEH PT. INTI NUSA SEJAHTERA DI JAKARTA. Perusahan kelapa sawit di Indonesia saat ini semakin banyak, yang membuat persaingan antar perusahan kelapa sawit semakin ketat, sehingga perputaran modal yang ada tidak selalu mulus. Karena itulah sangat dimungkinkan untuk melakukan akuisisi untuk tujuan keuntungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran notaris dalam proses akuisisi dalam perusahaan kelapa sawit. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat. Akuisisi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan objek yang akan diambil alih dan jenis usaha atau bisnis yang memiliki prosedurnya masing-masing. Peran notaris dalam akuisisi dimulai sejak awal proses akuisisi dilakukan, yaitu sejak dilakukannya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mendapatkan persetujuan akuisisi di mana notaris selalu dilibatkan dalam membuatkan akta RUPS. Berdasarkan hasil RUPS, apabila akuisisi telah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham, notaris dapat menyiapkan akta akuisisi. Selain menyiapkan akta RUPS dan akta akuisisi, peran notaris dalam, akuisisi adalah memberikan pelayanan berupa pengurusan keabsahan akuisisi, khususnya menyangkut pengesahan perubahan anggaran dasar perseroan akibat akuisisi kepada instansi yang berwenang (Menteri Hukum dan HAM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa akuisisi dalam perusahaan sawit memiliki tujuan bisnis untuk menyelamatkan perusahaan dan Notaris berperan penting dalam proses yang terjadi didalamnya. Kata kunci : Akuisisi, Notaris, Perusahaan Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:07
Last Modified: 09 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26048

Actions (login required)

View Item View Item