PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN WONOSOBO TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (untuk mengganti Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Wonosobo)

WIJAYA, SEPTIARIF HAKIM (2022) PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN WONOSOBO TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (untuk mengganti Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Wonosobo). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20301900185_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Negara Indonesia adalah Negara hukum. Negara yang seluruh aksinya didasarkan dan diatur oleh Undang-Undang yang telah ditetapkan, dengan demikian terdapat implikasi dari Negara hukum adalah anggota masyarakat maupun pemerintah wajib mematuhi hukum tersebut. Salah satu bentuk Negara hukum dapat terlihat dari hukum positif yang berlaku salah satunya dalam bentuk peraturan perundang-Undangan. Salah satu Peraturan Perundang-undangan yakni Peraturan Daerah didefiniskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten/Kota dengan persetujuan bersama Bupati/Walikota. Penyusunan Peraturan Daerah tentang penyelenggaraan pendidikan berdasarkan Alinea Keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan tujuan membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk memenuhi amanat tersebut, Kabupaten Wonosobo sudah membentuk Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Wonosobo, dimana dengan seiringnya perkembangan peraturan perundang-undangan, Peraturan Daerah tersebut perlu dikaji dari sisi pemenuhan asas-asas pembentukan peraturan perudang-undangan sehingga kedudukannya bisa jelas antara dapat dipertahankan atau perlu diganti. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengenathui permasalahan yang dihadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dalam pengaturan mengenai penyelenggaraan Pendidikan serta cara-cara mengatasi permasalahan tersebut, dan permasalahan hukum yang dihadapi sebagai alasan perlunya pembentukan rancangan peraturan daerah sebagai dasar hukum penyelesaian atau solusi permasalahan penyelenggaraan Pendidikan di Keabupaten Wonosobo. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu yaitu mempelajari dan mengkaji asas-asas hukum khususnya kaidah hukum positif yang berasal dari bahan-bahan kepustakaan yang ada dari peraturan perundang-undangan, serta ketentuan-ketentuan terutama yang berkaitan dengan Pendidikan. Dalam penelitian ini juga meliputi usaha untuk menemukan hukum yang in concreto yang tujuannya untuk menemukan hukum yang sesuai dan yang akan diterapkan dalam suatu permasalahan terutama di dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Paraturan Perundang-Undangan - Peraturan Daerah - Penyelenggaraan Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:13
Last Modified: 10 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item