PERANAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENANGANI DAN MENANGGUANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Kasus Di Satlantas Polres Demak)

Suroso, Suroso (2022) PERANAN POLISI LALU LINTAS DALAM MENANGANI DAN MENANGGUANGI PELANGGARAN LALU LINTAS (Studi Kasus Di Satlantas Polres Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900477_fullpdf.pdf

Download (878kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Pada dasarnya polisi lalu lintas bertugas mengawasi, membantu, dan menjaga agar sistem transportasi di jalan raya berfungsi secara lancar dan efisien. Di sisi lain, terbatasnya petugas polisi lalu lintas tidak seimbang dengan luas daerah yang diawasi, belum tertibnya tempat-tempat pemberhentian penumpang, masih banyaknya terminal bayangan, parkir tidak teratur, tidak disertainya kelengkapan berkendara merupakan sebagian kecil pelanggaran lalu lintas yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya permasalahan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang ada serta tingginya angka fatalitas dari tiap kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Demak, Satlantas harus mengambil suatu kebijakan dalam menjalankan tugas, fungsi dan perananannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai representasi atau perpanjangan tangan dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang ada tersebut. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Demak yaitu Faktor kesalahan manusia, Faktor kondisi jalan, Faktor kendaraan, Faktor alam. Peranan Polisi Lalu Lintas dalam menangani pelanggaran lalu lintas. Peranan Polisi Lalu Lintas dalam Menanggulangi pelanggaran Lalu Lintas di Kabupaten Demak antara lain dengan upaya preventif, pre-emtif dan represif. Hambatan-hambatan yang dialami oleh kepolisian lalu lintas dalam menanggulangi pelanggar lalu lintas yaitu : Kurang memadainya jumlah personil dari anggota kepolisian., Sikap pengemudi dalam berkendara., Kurangnya sarana dan prasaran yang ada setiap daerah, Masih kurangnya pemahaman masyarakat akan adanya UU No 22 Tahun 2009. Dan solusinya yakni Perlu penambahan anggota Kepolisian, Memberikan edukasi tentang aturan berkendara., Penyuluhan tentang UU No 22 Tahun 2009, Peningkatan sarana maupun prasarana. Kata Kunci : Polisi Lalu Lintas, Pelanggaran, Peranan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:44
Last Modified: 09 Jan 2023 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item View Item