TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DI LAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI JEPARA)

Zuhri, Syaifudin (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DI LAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI JEPARA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900465_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Kasus kejahatan yang terjadi di masyarakat semakin sering terjadi sekarang ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, demikian kejahatan yang terjadi di masyarakat meningkat di Negara-negara yang sedang berkembang, salah satu tindak pidana yang dilakukan oleh masyarakat adalah tindak pidana pembunuhan, pembunuhan adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan sengaja untuk menghilangkan/merampas nyawa orang lain, pembunuhan memiliki tujuan untuk menghilangkan dan merampas nyawa orang lain, tindak pidana pembunuhan biasanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi tindak pidana ini juga dilakukan oleh anak seperti yang dilakukan terdakwa Muhammad Fiki Dhiya’ul Qak Bin Muh. Rif’an pembunuhan terhadap ibukandungnya sendiri. Tujuan penelitian, untuk mengetahui faktor yang menyebabkan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara, untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara, untuk mengetahui hambatan dalam penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara Metode penelitian yang penulis digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang menggunakan metode pendekatan terhadap masalah dengan melihat undang-undang yang berlaku sebagai ketentuan positif,berikutnya teori ini yang relevan dengan karya tulis ini dengan mengaitkan implementasinya dengan fakta yang berada di lapangan. Faktor yang menyebabkan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara Putusan Nomor 9/Pid.Sus/20221/PN Jpa adalah faktor individu si anak yang sangat emosional yang tidak terkendali sehingga melakukan kekerasan dan pembunuhan terhadap ibunya sendiri juga fakor keluarga karena anak sering di marai orang tuanya disebabkan karena menganggur kerjaannya hanya makan, nonton tv setiap harinya dan tidak mau bekerja. Pertimbangan hakim dalam penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara Putusan Nomor 9/Pid.Sus/20221/PN Jpa, adalah Setiap orang, yang melakukan perbuatan kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga, mengakibatkan matinya korban. Berdasarkan pertimbangan putusan yang telah dibahas di atas, maka kendala hakim dalam menjatuhkan tindak pidana pembunuhan oleh anak Putusan 9/Pid.Sus- Anak/2021/PN Jpa, secara umum dalam pelaksanaan persidangan tidak ada kendala-kendala yang signifikan. Hanya saja, dalam persidangan tidak memenuhi unsur yang tidak ada dan hakim harus aktif memenuhi fakta juga penyelesaian waktunya yaitu maksimal 15 hari dan upaya penjatuhan putusan terhadap anak, terdapat kendala mengingat anak merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki masa depan panjang, sehingga perlu untuk diberikan suatu perlindungan terhadapnya. Kata Kunci : Tindak Pidana, Pembunuhan, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:38
Last Modified: 09 Jan 2023 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item View Item