PERANAN BHAYANGKARA PEMBINA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (BHABINKAMTIBMAS) DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN MOTOR (Studi Kasus Di Polsek Genuk)

Widodo, Puji (2022) PERANAN BHAYANGKARA PEMBINA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (BHABINKAMTIBMAS) DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN MOTOR (Studi Kasus Di Polsek Genuk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900462_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Melihat beberapa fenomena mengenai tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Polsek Genuk, dituntut kinerja dari Polri khususnya Bhabinkamtibmas agar lebih mengoptimalkan jumlah tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang terjadi dari tahun 2017 sampai dengan 2021 yang mengalami penurunan dan kenaikan. Tingkat pencurian tersebut dapat digolongkan dengan wilayah-wilayah lain. Bhabinkamtibmas dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah Polsk Genuk beserta upaya mengatasinya. Metode pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan situasi lapangan, dan metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian mengenai tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor sebagai pengemban fungsi preventif yaitu mencegah agar peluang terjadinya suatu tindak pidana pencurian kendaraan bermotor semakin sempit. Sementara tanggung jawa Bhabinkamtibmas adalah menciptakan keamanan dan ketentraman bagi masyarakat dengan menegakkan hukum serta memberikan perlindungan , pengayoman, dan pelayanan bagi masyarakat. Di samping itu, tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas dengan mengadakan kerjasama dengan instansi samping seperti TNI, Pemerintah Desa, dan masyarakat. Kendala-kendala yang dihadapi dalam rangka penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor diantaranya adalah wilayah yang kurang terjangkau dan rawan banjir, lingkungan asli dan pendatang belum bisa bertoleransi, sumber daya manusia yang kurang. Sedangkan upaya penanggulangan untuk mengatasi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yaitu dengan melakukan tindakan pre-emtif engan cara pendekatan-pendekatan kepada masyarakat, penyuluhsn hukum, dan pemberian informasi mengenai tugas polri. Dalam menjalankan upaya tersebut mendapat tanggapan dari masyarakat berupa respon positif dan negatif. Kata Kunci : Bhabinkamtibmas, Penanggulangan, Pencurian, Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:37
Last Modified: 09 Jan 2023 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25980

Actions (login required)

View Item View Item