TINJAUAN HUKUM PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KESUSILAAN YANG DILAKUKAN OLEH PRIA DEWASA TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang)

Syafina, Mutiara (2022) TINJAUAN HUKUM PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KESUSILAAN YANG DILAKUKAN OLEH PRIA DEWASA TERHADAP ANAK DIBAWAH UMUR (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800276_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Saat ini marak terjadi tindak pidana kesusilaan yang korbannya adalah anak. Anak adalah masa depan bangsa dan generasi penerus cita- cita bangsa, sehingga setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, berpartisipasi serta berhak atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi serta hak sipil dan kebebasan. Oleh karena itu, pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak harus mendapatkan sanksi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan saksi pidana dan mengetahui pertimbangan Hakim dalam menentukanputusan pidana terhadap pelaku tindak pidana kesusilaan yang dilakukan oleh pria dewasa terhadap anak dibawah umur. Metode penelitian menggunakan metode yuridis sosiologis. Metode pengumpulan data menggunakan 2 jenis, yaitu pengumpulan data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi pustaka. Dalam melakukan analisis data digunakan metode analisis kualitatif, yaitu suatu tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis. Data deskriptif analisis adalah data yang terkumpul tidak menggunakan angka-angka dan pengukuran, sehingga apa yang dinyatakan narasumber secara tertulis atau lisan dan yang diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hakim dalam penerapan saksi pidana dan mempertimbangkan dalam menentukan putusan pidana terhadap pelaku tindak pidana kesusilaan terhadap anak dibawahumur harus berdasarkan dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum, keterangan saksi, keterangan pelaku, barang bukti, Terdakwa telah melengkapi unsur-unsur dari Pasal yang didakwakan sehingga menurut Hakim pelaku dapat dipidana. Dilihat dari hal-hal yang meringankan dan memberatkan pelaku. Kata Kunci : Penerapan Sanksi, Tindak Pidana Kesusilaan, Anak Dibawah Umur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:52
Last Modified: 09 Jan 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item