TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM SENGKETA PENGELOLAAN YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN DESA KERSO KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. (Studi kasus putusan Pengadilan negeri Jepara Nomor 48/Pdt.G/2017/PN Jpa.)

Khoirudin, M. Arif (2022) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM SENGKETA PENGELOLAAN YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN DESA KERSO KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. (Studi kasus putusan Pengadilan negeri Jepara Nomor 48/Pdt.G/2017/PN Jpa.). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900386_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Yayasan yang didirikan oleh 9 orang pendiri yang dalam perjalanannya 1(satu) orang dari 9 (Sembilan) orang pendiri yayasan tersebut meninggal dunia yaitu Drs. Nurkamid (almarhum) hingga sekarang. Berdasarkan ijin operasional dari kementrian agama. Yang bertempat di gedung milik Yayasan Islam ittihadul muslimin dan didirikan diatas tanah asal milik Bpk. Tasripan (Almarhum), Bpk Subki, Bpk Kosim, Bpk Ahmad Hasanuddin, Bpk Sutrimo, Ibu Masri’ah (Almarhum), Bpk legiman, Ibu Darmi Mukhdor dan Bpk, Khoiri Esy Jexy, dan yayasan tersebut telah mengeluarkan kelulusan siswa-siswinya serta telah mengeluarkan, memberikan dan meligalisir lembar ijazah hasil kelulusannya, hingga sekarang. Awal mula terjadinya konflik internal di yayasan tersebut ketika ketua pengurus terbukti melakukan tindakan melawan hukum sehingga menimbulkan sengketa dari beberapa pihak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa pengelolaan Yayasan Ittihadul Muslimin dalam perkara nomor 48/Pdt.G/2017/PN Jpa dan mengetahui analisis hukum terhadap pertimbangan Hakim dalam memutus perkara nomor 48/Pdt.G/2017/PN Jpa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian hukum menggunakan data sekunder sebagai data awalnya, kemudian dilanjutkan dengan data primer dilapangan atau terhadap masyarakat, meneliti efektivitas suatu peraturan menteri dan penelitian yang mencari hubungan antara berbagai gejala atau variable, sebagai alat pengumpulan datanya terdiri dari studi dokumen atau bahan pustaka dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; (1) Faktor faktor penyebab terjadinya sengketa pengelolaan Yayasan Ittihadul Muslimin dalam perkara nomor 48/Pdt.G/2017/PN Jpa adalah adanya perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh tergugat (Drs. Sutomo), sejak pertamakali ditunjuk dan diangkat, tidak dapat melaksanakan ketentuan pasal 7 ayat (3) akta Yayasam Islam Ittihadul Muslimin akte notaris nomor: 9 tanggal 31 Agustus 1999. (2) Dalam hukum dan perundangan undangan bahwa tergugat (Drs. Sutomo) telah dinyatakan melakukaan tindakan perbuatan melawan hukum sesuai dengan ketentuan pasal 1365KUHPerdata. Saran, hendaknya badan pendiri yayasan beserta anggotanya dapat lebih memikirkan dampak positif dan negative dalam mengambil keputusan untuk suatu organisasi agar terjadi kesepakatan bersama dan tidak merugika pihak pihak yang merasa dirugikan sehingga tidak menimbulkan terjadinya sengketa. Kata kunci: perbuatan melawan hukum, sengketa, yayasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:49
Last Modified: 09 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25959

Actions (login required)

View Item View Item