PELAKSANAAN RESTORATIF JUSTICE DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA ANAK ( STUDI PUTUSAN NO. 4/PIDANA KHUSUS/2020/PENGADILAN NEGERI WATES)

Wicaksono, Danang Aji (2022) PELAKSANAAN RESTORATIF JUSTICE DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA ANAK ( STUDI PUTUSAN NO. 4/PIDANA KHUSUS/2020/PENGADILAN NEGERI WATES). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301900364_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Pada dasarnya sistem peradilan pidana merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan sistem penegakan Hukum pidana. Dalam praktek penegakan Hukum pidana seringkali adanya istilah Restoratif Justice yang dalam bahasa Indonesia disebut istilah Keadilan Restoratif . Prinsip dasar Keadilan Restoratif atau Restoratif Justice adalah adanya pemulihan keadaan korban yang menderita akibat suatu kejahatan dengan melakukan perdamaian, memberikan ganti rugi kepada korban, maupun kesepakatan – kesepakatan lainnya. Hukum yang adil di dalam Keadilan Restorative atau Restoratif Justice hanya berpihak pada kebenaran suatu aturan perundang – undangan yang berlaku serta mempertimbangkan kesetaraan hak, keseimbangan setiap aspek kehidupan dan tentunya tidak berat sebelah, tidak memihak serta tidak sewenang – wenang. Sehingga dalam Restoratif Justice mengandung pengertian suatu pemulihan hubungan dengan penebusan kesalahan yang dilakukan pelaku tindak pidana terhadap korban tindak pidana tersebut diluar pengadilan dengan maksud dan tujuan agar permasalahan hukum yang timbul akibat suatu perbuatan pidana dapat diselesaikan dengan baik, dengan cara kekeluargaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif adapun metode pendekatan yang diterapkan adalah melalui perundang – undangan dan melalui kasus. Kata Kunci: Restoratif Justice dan peradilan pidana anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:42
Last Modified: 09 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item