PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI TERHADAP JUAL BELI HAK MILIK ATAS TANAH (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor Perkara 372/Pdt.G/2020/PN Smg)

Wulandari, Lisa (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI TERHADAP JUAL BELI HAK MILIK ATAS TANAH (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Semarang Nomor Perkara 372/Pdt.G/2020/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800213_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)

Abstract

Dalam KUHPerdata Pasal 1457 menyebutkan jual beli adalah suatu persetujuan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah dijanjikan. Bilamana salah satu dari pihak melakukan wanprestasi maka transaksi tersebut dinyatakan batal/tidak sah. Tetapi disini kasusnya jual beli sudah sah dilakukan tetapi janji dari penjual tidak kunjung terlaksana dan penjual tidak dapat ditemukan keberadannya, jadi pihak pembeli melakukan gugatan ke pengadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa, mendeskripsikan serta memberikan perlindungan hukum bagi pembeli terhadap jual beli hak atas tanah. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan yang berhubungan dengan faktor yuridis dan faktor normatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas mengenai perlindungan hukum bagi pembeli terhadap yang dilakukan atas jual beli hak atas tanah dapat disimpulkan (1) pihak pembeli mendapatkan perlindungan hukum atas tanah yang dibelinya; (2) pihak pembeli mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang dibelinya; (3) atas putusan hakim pihak penjual terbukti salah dan harus tunduk dan patuh terhadap putusan tersebut. Sehingga pengadilan memberikan kuasa seperlunya kepada pembeli untuk mengajukan proses permohonan balik nama melalui KANTOR AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SEMARANG. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pembeli, Jual Beli Hak Milik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:17
Last Modified: 09 Jan 2023 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item